14 Contoh Kegiatan yang Dapat dan Tidak Dapat Dilakukan dengan Bermusyawarah, Kelas 6 Tema 7 Subtema 2

By Niken Bestari, Jumat, 3 Maret 2023 | 10:00 WIB
Berikut ini adalah contoh kegiatan yang dapat dan tidak dapat dilakukan dengan bermusyawarah. Apa saja contoh kegiatan tersebut? (Freepik)

Bobo.id - Pada pelajaran kelas 6 tema 7 subtema 2 kita belajar mengenai nilai-nilai kerakyatan. Salah satu penerapan nilai kerakyatan adalah melakukan musyawarah. Pentingnya melakukan musyawarah adalah kita dapat mencapai kesepakatan yang lebih baik.

Selain itu, musyawarah membantu kita menghindari konflik dan meningkatkan partisipasi semua pihak dalam proses pengambilan keputusan.

Sehingga, musyawarah sangat penting dilakukan untuk mencapai tujuan bersama dan memperkuat hubungan antarpihak yang terlibat. 

Namun, tidak semua hal dapat dimusyawarahkan, teman-teman. Ada kegiatan yang dapat dilakukan musyawarah serta tidak dapat dilakukan musyawarah. Yuk, kita bahas contoh-contoh kegiatan tersebut di bawah ini!

Kegiatan yang Dapat dan Tidak Dilakukan dengan Musyawarah

A. Berikut adalah 7 kegiatan yang dapat dilakukan dengan musyawarah:1. Pengambilan keputusan oleh dan mengenai orang banyak

Musyawarah dapat dilakukan untuk membahas dan memutuskan suatu hal, seperti kebijakan, rencana kerja, atau tindakan yang akan diambil.

2. Penyelesaian masalah

Musyawarah juga dapat dilakukan untuk mencari solusi atas masalah atau konflik yang sedang terjadi, seperti penyelesaian sengketa atau perbedaan pendapat.

3. Evaluasi kinerja

Musyawarah dapat dilakukan untuk mengevaluasi kinerja suatu tim atau organisasi, dan mencari cara untuk meningkatkan kinerja di masa yang akan datang.

Baca Juga: 15 Contoh Penerapan Nilai-Nilai Kerakyatan dalam Kehidupan Sehari-hari