Cuma Perlu 2 Bahan, Ini Cara Memutihkan Bagian Ketiak dan Kerah Seragam Sekolah Tanpa Pemutih Kimia

By Niken Bestari, Sabtu, 4 Maret 2023 | 18:30 WIB
Bagian ketiak dan kerah seragam sering menguning. (PIXABAY)

Bobo.id - Bagian ketiak dan kerah leher seragam sekolah kita mudah sekali menguning.

Menurut The Spruce, noda kuning pada bagian ketiak dan kerah leher baju cenderung mudah  menguning karena keringat, minyak tubuh, dan produk perawatan tubuh yang menempel pada kain.

Ketiak adalah area yang cenderung berkeringat dan menghasilkan minyak tubuh lebih banyak daripada area lain pada tubuh, sehingga baju yang digunakan di area tersebut lebih cepat kotor dan menguning.

Selain itu, produk perawatan tubuh seperti antiperspirant, deodorant, dan parfum yang digunakan pada area ketiak dan leher juga dapat meninggalkan noda kuning pada baju karena adanya bahan kimia seperti aluminium, yang dapat bereaksi dengan keringat dan minyak tubuh.

Terakhir, beberapa jenis kain seperti katun, linen, dan rayon cenderung lebih mudah menyerap keringat dan minyak tubuh sehingga rentan terhadap noda kuning.

Untuk membersihkan noda kuning tersebut, kita sering menggunakan pemutih kimiawi.

Meskipun dinilai sangat efektif, memakai cairan pemutih kimiawi dapat menimbulkan dampak negatif, seperti merusak serat kain, memudarkan bagian baju yang lain, hingga menyebabkan iritasi.

Bahan Dapur yang Aman untuk Memutihkan Baju

Tak usah khawatir, ada dua bahan dapur yang dapat menjadi pengganti cairan pemutih pakaian kimiawi, yaitu garam dan cuka putih.

a. Garam

Garam adalah bahan alami yang dapat membantu menghilangkan noda dan kotoran pada pakaian serta mencerahkan warna pakaian.

Baca Juga: Punya Pakaian Putih? Pakai 3 Trik Mencuci Ini agar Baju Tidak Cepat Menguning