10 Kegiatan Positif dalam Mengisi Kemerdekaan di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat

By Fransiska Viola Gina, Selasa, 7 Maret 2023 | 07:00 WIB
Kegiatan-kegiatan positif dalam mengisi kemerdekaan. (freepik)

Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD/MI tema 7, kita akan belajar bersama tentang peran pelajar dalam mengisi kemerdekaan.

Seperti kita tahu, Negara Kesatuan Republik Indonesia atau yang biasa disebut NKRI kini telah menjadi negara yang berdaulat dan merdeka. 

Sebagai negara yang telah merdeka, warga negara bertugas melakukan kegiatan mengisi kemerdekaan sesuai dengan peran masing-masing.

Nah, pelajar merupakan salah satu warga negara yang memiliki peran dan tugas yang harus dilaksanakan untuk mengisi kemerdekaan. 

Hal ini karena pelajar merupakan bagian dari pemuda bangsa yang akan menjadi penerus keberlangsungan bangsa ini. 

Sebagai generasi penerus bangsa, para pelajar dituntut bekerja keras dan belajar dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas dirinya.

Salah satu peran yang ditunjukkan oleh pelajar dalam mengisi kemerdekaan adalah dengan belajar giat dan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. 

Pada buku tematik kelas 5 SD/MI tema 7, kita diminta menuliskan kegiatan positif yang bisa dilakukan pelajar di rumah, sekolah, dan masyarakat.

Untuk menjawab pertanyaan di halaman 165 tersebut, Bobo akan memberikan alternatif jawabannya. Simak informasi berikut ini, yuk!

Kegiatan Positif dalam Mengisi Kemerdekaan di Rumah

Berikut ini beberapa contoh kegiatan positif yang ditunjukkan oleh pelajar dalam mengisi kemerdekaan di lingkungan rumah:

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 6, Apa Upaya yang Dapat Dilakukan untuk Mengisi Kemerdekaan?