15 Contoh Tanggung Jawab Masyarakat dalam Menjaga Lingkungan dari Sampah

By Niken Bestari, Kamis, 16 Maret 2023 | 11:00 WIB
Apa saja contoh tanggung jawab masyarakat dalam menjaga lingkungan dari sampah? Kita simak contoh-contohnya berikut, yuk! (Freepik)

Bobo.id - Pada buku pelajaran tematik kelas 6 tema 8, kita belajar mengenai tanggung jawab masyarakat dalam menjaga lingkungan dari sampah.

Tanggung jawab adalah kewajiban atau tugas yang harus dipenuhi oleh seseorang atau kelompok dalam melaksanakan suatu pekerjaan atau aktivitas.

Tanggung jawab juga bisa diartikan sebagai kesadaran akan akibat dari tindakan atau keputusan yang diambil dan siap untuk bertanggung jawab atasnya.

Sebagai masyarakat yang baik, kita juga memiliki tanggung jawab masyarakat dalam menjaga lingkungan dari sampah.

Tanggung jawab menjaga lingkungan dari sampah adalah kewajiban setiap individu atau kelompok untuk mengambil tindakan yang bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi dampak buruk dari limbah atau sampah terhadap lingkungan.

Hal ini mencakup pengurangan, pengolahan, dan pembuangan sampah secara benar, serta menghindari perilaku yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan. 

Apa saja contohnya perilaki tanggung jawab menjaga lingkungan dari sampah?

Contoh Tanggung Jawab Masyarakat Menjaga Lingkungan dari Sampah

Berikut adalah 15 contoh perilaku tanggung jawab menjaga lingkungan dari sampah:

1. Menggunakan tas belanja yang dapat didaur ulang atau membawa tas belanja sendiri saat berbelanja di pasar atau supermarket, sehingga mengurangi penggunaan plastik.

2. Membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang sampah sembarangan di jalan atau di tempat umum.

Baca Juga: 10 Contoh Pelaksanaan Tanggung Jawab Warga Negara dan Dampaknya, Kelas 6 Tema 6 Subtema 3