10 Contoh BUMD: Bidang Usaha, Hasil Usaha, dan Kontribusinya, Materi IPS

By Niken Bestari, Sabtu, 18 Maret 2023 | 12:00 WIB
Apa saja contoh Badan Usaha Milik Daerah atau BUMD di Indonesia? Kita pelajari contohnya, bidang, dan kontribusinya, ya! (Freepik)

Bobo.id - Tahukan teman-teman apa saja contoh BUMD di sekitar kita?

BUMD adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Daerah, yang merujuk pada perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah daerah, seperti provinsi atau kabupaten/kota.

Tujuan BUMD ini didirikan adalah untuk memperkuat perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

BUMD bisa beroperasi di berbagai sektor, seperti infrastruktur, transportasi, kesehatan, pendidikan, pariwisata, dan sebagainya.

BUMD diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan perekonomian daerah melalui pembangunan infrastruktur, pengembangan sumber daya manusia, menciptakan lapangan kerja, serta memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat.

BUMD memiliki aturan pengelolaan tersendiri, termasuk dalam hal pengangkatan sumber daya manusia oleh pemerintah daerah.

Selain itu, kinerja BUMD juga dievaluasi secara berkala oleh pemerintah daerah, dan mereka diwajibkan untuk menyampaikan laporan keuangan dan operasional secara rutin.

Pada buku IPS kelas VIII kurikulum Merdeka, kita juga belajar mengenai BUMD dan contohnya di sekitar kita.

Apa saja itu? Yuk, kita bahas bersama-sama!

Contoh BUMD, Bidang Usaha, Hasil Usaha, dan Kontribusinya

1. PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum)

Baca Juga: 13 Pengertian Bank Menurut Ahli, dari Pierson hingga Ikatan Akutansi Indonesia