5 Faktor yang Perlu Diperhatikan untuk Meningkatkan Pemerataan Pembangunan

By Grace Eirin, Selasa, 21 Maret 2023 | 07:00 WIB
Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan suatu negara untuk meningkatkan pemerataan pembangunan. (Afif Ramdhasuma/Unsplash)

Bobo.id - Setiap negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi akan melakukan upaya pemerataan pembangunan

Sebab, proses pembangunan merupakan hak seluruh rakyat, seperti yang tertera dalam Pancasila sila ke-5 yaitu "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia".

Pemerataan pembangunan adalah proses memeratakan pembangunan untuk mengatasi masalah kesenjangan sosial dan memastikan pertumbuhan ekonomi di semua daerah secara adil. 

Tujuan pemerataan pembangunan adalah memastikan pembangunan dan peningkatan ekonomi di daerah lain, terutama daerah tertinggal. 

Adapun cakupan pembangunan antara lain sumber air, infrastruktur pendidikan, sarana prasarana, transportasi, pengelolaan sampah, telekomunikasi dan informatika, permukiman, kesehatan, ketenagalistrikan, dan sebagainya. 

Cakupan pembangunan di atas merupakan hak setiap warga negara tanpa terkecuali, sehingga wajib untuk dipenuhi negara. 

Dalam upaya memenuhi hak tersebut, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan negara untuk meningkatkan pemerataan pembangunan.

Yuk, cari tahu apa saja faktor tersebut dari penjelasan berikut ini!

1. Fokus pada daerah tertinggal dan terpencil

Fokus utama pelaksanaan pemerataan pembangunan adalah daerah tertinggal dan terpencil. 

Di daerah yang jauh dari pusat pemerintahan atau ibu kota negara umumnya tidak mendapatkan pembangunan yang setara dengan daerah lain. 

Baca Juga: Melengkapi Tabel Perlawanan Rakyat Pada Pendudukan Jepang, Cari Jawaban IPS