6 Hewan yang Memanfaatkan Medan Magnet Bumi untuk Bermigrasi, Salah Satunya Burung Merpati

By Niken Bestari, Sabtu, 25 Maret 2023 | 10:30 WIB
Apa saja hewan yang memanfaatkan medan magnet Bumi untuk bermigrasi? Kita simak contoh hewan-hewan berikut, yuk! (Freepik)

Bobo.id - Tahukah teman-teman bahwa beberapa hewan melakukan migrasi atau perpindahan besar-besaran?

Kondisi cuaca dan musim di Bumi yang dinamis atau berubah-ubah sepanjang tahun ini adalah salah satu penyebab hewan melakukan migrasi.

Selain itu, hewan bermigrasi karena berbagai alasan, seperti mencari makanan, menghindari musim yang tidak cocok, mencari pasangan, dan menghindari predasi.

Dalam beberapa kasus, migrasi hewan dapat membantu dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan memperkaya keragaman hayati di berbagai wilayah.

Uniknya, beberapa hewan memanfaatkan medan magnetik Bumi untuk membantu mereka melakukan migrasi dan menemukan arah selama perjalanan mereka.

Hewan yang menggunakan medan magnetik Bumi disebut sebagai hewan magnetik.

Hewan magnetik memiliki kemampuan untuk mendeteksi medan magnetik Bumi melalui indera yang sensitif terhadap perubahan medan magnetik.

Beberapa hewan memiliki partikel besi atau mineral magnetik pada tubuh mereka dalam mendeteksi medan magnetik Bumi.

Sementara itu, beberapa hewan lainnya menggunakan sel-sel khusus yang peka terhadap medan magnetik untuk memudahkan migrasi.

Dengan menggunakan kemampuan ini, hewan magnetik dapat menavigasi selama migrasi mereka dan menemukan jalur yang sama untuk kembali ke tempat asal mereka.

Hewan magnetik juga dapat menyesuaikan jalur migrasi mereka dengan perubahan medan magnetik Bumi, seperti saat terjadi pergeseran kutub magnetik atau perubahan intensitas medan magnetik akibat aktivitas matahari.

Baca Juga: 3 Contoh Hewan yang Bermigrasi dengan Memanfaatkan Medan Magnet