Mengenal Data: Pengertian, Satuan, Analisis, dan Interpretasi

By Niken Bestari, Rabu, 29 Maret 2023 | 09:30 WIB
Apa itu data? Kita ketahui pengertian data dan satuan-satuan data berikut ini. Selain itu, ketahui juga apa itu analisis dan interpretasi data. (Freepik)

Bobo.id - Pada pelajaran Informatika kelas 7 kurikulum Merdeka, kita belajar mengenai data dan cara mengolah data menggunakan program perangkat lunak.

Mengetahui data dan cara mengolah data adalah kemampuan yang sangat dibutuhkan, baik dalam kehidupan sehari-hari dan kebutuhan secara profesionalisme.

Di masa depan, teman-teman bisa saja menjadi ahli pengolah data, yang merupakan salah satu pekerjaan paling dibutuhkan sekarang ini.

Yuk, kita pelajari pengertian dan seluk beluk data dalam konteks informatika! 

Pengertian Data

Dalam konteks informatika, data adalah pada representasi dari fakta, angka, teks, atau informasi lain yang terorganisir atau tidak terorganisir.

Bentuk penyimpanan data adalah bermacam-macam, seperti file teks, file gambar, database (basis data), dan sebagainya.

Data juga bisa memiliki berbagai jenis format seperti angka, huruf, tanggal, dan lain sebagainya.

dalam konteks informatika, data sangat penting karena dapat digunakan untuk memperoleh informasi yang bermanfaat.

Data yang terorganisir dapat digunakan untuk membuat laporan, grafik, dan visualisasi yang dapat membantu pengambilan keputusan, lo.

Sementara data yang tidak terorganisir dapat digunakan untuk mendapatkan wawasan dan pemahaman baru tentang suatu topik.

Selain itu, data juga dapat diproses dan dianalisis menggunakan berbagai teknik dan algoritma untuk menghasilkan wawasan dan pengetahuan baru.

Baca Juga: Contoh Soal Matematika Cara Menghitung Mean, Median, dan Modus