7 Lelucon April Mop yang Menarik Perhatian Dunia, Salah Satunya Mobil Renang

By Niken Bestari, Minggu, 2 April 2023 | 16:30 WIB
Apa saja lelucon April Mop yang sukses mengelabui dan menarik perhatian masyarakat dunia? Berikut ini tujuh contohnya. (Freepik)

Bobo.id - Tahukah teman-teman pada 1 April kemarin adalah hari membuat lelucon sedunia yang diberi nama April Mop?

April Mop adalah hari di mana orang-orang membuat lelucon atau kebohongan kecil untuk menghiburkan orang lain atau membuat mereka tertawa. Biasanya, orang akan membuat lelucon dengan membohongi teman atau keluarga mereka, seperti memberi mereka makanan palsu atau membuat cerita lucu.

Asal usul April Mop masih belum jelas hingga saat ini. Namun, ada beberapa teori yang mengatakan bahwa tradisi ini berasal dari Prancis pada abad ke-16.

Konon pada saat itu, tahun baru dirayakan pada tanggal 1 April dengan pesta dan perayaan yang meriah.

Namun, sejak tahun 1562, Raja Charles IX mengubah kalender dari kalender Julian ke kalender Gregorian yang membuat tanggal tahun baru berpindah dari 1 April ke 1 Januari.

Kabarnya, ada beberapa orang yang menolak mengikuti perubahan tersebut dan tetap merayakan tahun baru pada tanggal 1 April.

Orang-orang ini dianggap lucu dan dijadikan bahan lelucon dengan memberikan hadiah-hadiah palsu atau membohongi mereka dengan informasi palsu.

Selain itu, ada juga teori yang mengatakan bahwa tradisi April Mop berasal dari festival kuno Romawi yang disebut Hilaria.

Festival ini dirayakan pada akhir Maret dengan saling memberikan lelucon dan memakai topeng untuk menyamarkan diri.

Meskipun asal mula April Mop masih menjadi misteri, yang pasti adalah bahwa tradisi ini telah menjadi bagian dari budaya populer di seluruh dunia dan menjadi kesempatan bagi orang-orang untuk bersenang-senang dan membuat orang lain tertawa dengan lelucon lucu.

Ada beberapa perusahaan besar dunia yang ikut-ikutan April Mop yang sukses mengelabui dan bahkan menarik perhatian masyarakat dunia, lo! Apa saja lelucon itu?

Baca Juga: 1 April Merupakan Hari April Mop, Lihat Tradisi April Mop di Berbagai Negara, yuk!