Penjelasan Piramida Penduduk Ekspansif, Stasioner, Konstruktif, Lengkap dengan Contoh Negaranya

By Niken Bestari, Jumat, 7 April 2023 | 07:00 WIB
Apa saja negara-negara yang jumlah penduduknya termasuk piramida penduduk ekspansif, stasioner, dan konstruktif? (Freepik)

Bobo.id - Pada pelajaran IPS kelas 8 kurikulum Merdeka, kita belajar mengenai dinamika penduduk.

Salah satu materi yang dipelajari pada Bab Pembangunan Perekonomian Indonesia adalah piramida penduduk yang mewakili arus perubahan penduduk.

Dinamika penduduk merujuk pada perubahan jumlah, struktur, dan karakteristik populasi suatu wilayah atau negara dari waktu ke waktu.

Konsep ini mencakup berbagai faktor seperti laju kelahiran, kematian, migrasi, pertumbuhan penduduk, dan umur harapan hidup.

Dinamika penduduk memainkan peran penting dalam pengembangan sosial dan ekonomi suatu negara atau wilayah.

Hal ini disebabkan karena dinamika penduduk memiliki dampak yang signifikan terhadap tenaga kerja, permintaan akan sumber daya, kesehatan masyarakat, dan lain sebagainya.

Perubahan jumlah, struktur, dan karakteristik populasi ini disajikan dalam piramida penduduk untuk lebih mudah diklasifikasikan.

Piramida penduduk adalah sebuah grafik yang menunjukkan struktur umur penduduk suatu wilayah atau negara pada suatu waktu tertentu.

Piramida penduduk dapat memberikan informasi tentang pertumbuhan penduduk, laju kelahiran, kematian, dan umur harapan hidup.

Jenis-Jenis Piramida Penduduk dan Contoh Negaranya

Piramida penduduk adalah sebuah grafik statistik yang menunjukkan struktur umur dan jenis kelamin dari populasi suatu negara atau wilayah pada waktu tertentu.

Bentuk piramida penduduk menunjukkan pola pertumbuhan dan perkembangan populasi pada suatu wilayah atau negara.

Baca Juga: Apa Saja Faktor yang Memengaruhi Dinamika Penduduk?