Kondisi Alam Benua Australia, Mulai dari Iklim hingga Potensi Bencana Alam

By Niken Bestari, Kamis, 20 April 2023 | 13:00 WIB
Bagaimana kondisi alam benua Australia? (Pexels/Nothing Ahead)

Bobo.id - Bagaimana kondisi alam benua Australia yang sebenarnya?

Benua Australia adalah benua terbesar keenam di dunia, yang terletak di bawah garis Khatulistiwa di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Secara astronomis, letaknya antara 110 derajat Bujur Timur hingga 155 derajat Bujur Timur dan 10 derajat Lintang Selatan hingga 45 derajat Lintang Selatan.

Benua Australia merupakan satu-satunya benua yang berada di bawah garis Khatulistiwa dan sebagian besar wilayahnya berada di belahan bumi selatan.

Letak geografis dan astronomis ini membuat Australia memiliki iklim, flora, dan fauna yang sangat berbeda dengan benua lainnya di dunia.

Bagian-Bagian Benua Australia

Benua Australia terbagi menjadi beberapa bagian yang memiliki kondisi alam yang berbeda. Bagian-bagian itu antara lain:

1.Wilayah Timur

Wilayah timur Australia terdiri dari negara bagian Queensland, New South Wales, Victoria, Tasmania, dan wilayah ibu kota Canberra.

Wilayah ini terkenal dengan kota-kota besar seperti Sydney, Brisbane, dan Melbourne, serta dengan pantai-pantai yang indah seperti Pantai Gold Coast dan Pantai Bondi.

Wilayah ini juga memiliki pegunungan yang indah seperti Pegunungan Alpen Australia dan Pegunungan Hume.

2. Wilayah Tengah

Wilayah tengah Australia terdiri dari negara bagian Northern Territory dan sebagian besar wilayah Australia Selatan dan Australia Barat.

Wilayah ini terkenal dengan Gurun Simpson, Gurun Tanami, dan Gurun Great Victoria, serta dengan monumen alam seperti Uluru dan Kata Tjuta.

Baca Juga: Kota-Kota Besar di Australia, dari Sydney hingga Adelaide