7 Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuwangi yang Indah dan Ikonik

By Niken Bestari, Kamis, 27 April 2023 | 13:00 WIB
Rekomendasi tempat wisata di Banyuwangi yang paling indah. (AI Generated Image)

Bobo.id - Tempat wisata di Banyuwangi ada banyak pilihan menarik yang bisa menjadi rekomendasi tujuan liburan teman-teman.

Banyuwangi adalah kabupaten yang terletak paling timur di Pulau Jawa, tepatnya di ujung timur Provinsi Jawa Timur.

Kabupaten ini juga memiliki garis pantai terpanjang di Jawa Timur, dengan panjang sekitar 177 kilometer yang membentang dari ujung barat di Kecamatan Muncar hingga ujung timur di Kecamatan Pesanggaran.

Garis pantai yang panjang ini menjadikan Banyuwangi memiliki potensi wisata bahari yang besar dengan banyaknya pantai yang indah dan berbagai kegiatan wisata yang bisa dilakukan di sepanjang pantai tersebut.

Oleh sebab itu, tidak heran banyak sekali rekomendasi tempat wisata di Banyuwangi. Kebanyakan dari rekomendasi tempat wisata itu adalah destinasi wisata bahari, teman-teman.

Berikut ini, Bobo sudah merangkum rekomendasi tempat wisata di Banyuwangi yang paling indah dan ikonik. Apa saja tempat itu? Simak daftar dari Bobo berikut ini, yuk!

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuwangi yang Paling Indah dan Ikonik

1. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung Banyuwangi adalah pantai yang terkenal sebagai surganya para peselancar, lo! Pantai ini terletak di ujung selatan Banyuwangi, dan memiliki ombak yang besar dan konsisten sepanjang tahun.

Selain itu, Pantai Plengkung juga terkenal dengan pemandangan alam yang indah, seperti pasir putihnya yang bersih dan air lautnya yang jernih.

Pantai Plengkung memiliki karakteristik ombak yang cukup unik dan menantang, yaitu ombak yang membentuk gelombang kiri (left-hand wave) yang bisa mencapai ketinggian 6-8 meter di musim angin utara (Juni-September) dan 3-4 meter di musim angin selatan (Desember-Maret).

Gelombang ini sangat cocok untuk para peselancar profesional dan amatir yang ingin mencoba keahlian mereka dalam menguasai ombak.

Selain itu, di Pantai Plengkung juga terdapat beberapa fasilitas untuk para wisatawan, seperti penginapan, restoran, dan toko perlengkapan selancar.