Bagian Dari Gerakan Revolusi Mental, Apa yang Dimaksud dengan Integritas?

By Amirul Nisa, Senin, 8 Mei 2023 | 11:00 WIB
Menghargai waktu adalah salah satu bentuk integritas. (pikisuperstar)

Bobo.id - Dalam membentuk revolusi mental ada beberapa cara yang perlu dilakukan, salah satunya adalah memiliki integritas.

Pada materi PPKn kurikulum merdeka kelas VII SMP teman-teman akan diberikan penjelasan tentang integritas.

Istilah integritas kembali banyak dibicarakan setelah revolusi mental kembali dipelajari dalam materi sekolah teman-teman.

Revolusi mental sebenarnya istilah yang dikenalkan oleh Pak Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1956 saat menyampaikan pidato kenegaraan.

Istilah revolusi mental disampaikan karena saat itu Pak Soekarno berpendapat bahwa bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki mental atau jiwa kuat.

Kemudian istilah revolusi mental kembali dibicarakan oleh Pak Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan Presiden Republik Indonesia saat ini.

Revolusi mental merupakan sebuah gerakan untuk menggembleng manusia Indonesia agar menjadi manusia baru, yang berhati putih, berkemauan baja, bersemangat elang rajawali, berjiwa api yang menyala-nyala.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) revolusi mental merupakan usaha untuk melakukan perubahan mendasar mengenai batin atau watak manusia, dengan tujuan mengubah pola pikir mendasar pada semua masyarakat.

Salah satu cara untuk bisa melakukan revolusi mental dengan memiliki integritas.

Tapi, apa itu integritas? Mari simak penjelasan berikut ini.

Integritas

Integritas sebenarnya memiliki banyak pengertian yang beragam.

Baca Juga: Revolusi Mental: Pengertian dan Cara Meningkatkan Integritas