4 Jenis Rumput yang Baik untuk Kucing, Rumput Gandum hingga Rumput Barley

By Iveta Rahmalia, Minggu, 14 Mei 2023 | 12:30 WIB
Ada berbagai jenis rumput yang baik untuk kucing. (Pixabay)

Bobo.id - Kucing makan rumput? Yap, meski merupakan karnivora sejati atau pemakan daging sejati, kucing memang sesekali makan rumput. 

Kucing biasanya makan rumput ketika sedang sakit perut atau merasa tidak enak di pencernaanya. Biasanya karena menelan tulang, bulu, atau sisa makanan yang tidak bisa ia cerna.

Setelah makan rumput, biasanya rumput pun akan dimuntahkan lagi, bersamaan dengan parasit atau benda-benda asing di perutnya yang menyebabkan ia sakit perut. 

Selain itu, makan rumput juga bisa membantu menghilangkan bosan untuk kucing. Manfaat makan rumput lainnya adalah memberikan nutrisi tambahan untuk kucing. 

Namun, kita tetap harus memeriksa jenis-jenis rumput yang dimakan kucing. Jangan sampai beracun atau mengandung pestisida. 

Supaya lebih aman, teman-teman bisa memilih dan menanamnya sendiri di rumah. Berikut jenis-jenis rumput yang baik untuk kucing. 

1. Rumput Gandum (Triticum aestivum)

Rumput gandum adalah salah satu jenis rumput yang paling umum diberikan untuk kucing.

Kucing secara naluriah tertarik pada rumput gandum karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut.

Rumput gandum mengandung serat tinggi yang membantu memicu muntah dan membersihkan sistem pencernaan kucing dari bulu yang tertelan.

Kita bisa menanam rumput gandum dengan mudah, lo. Teman-teman bisa membeli benih rumput gandum dan menanamnya di sebuah wadah. 

Baca Juga: Kadang Bikin Bingung, tapi Sebenarnya 5 Perilaku Kucing yang Unik Ini Ada Alasannya! Salah Satunya Makan Rumput