Toyota Dream Car Art Contest 2023 Berakhir, Yuk Intip Keseruannya di Sini!

By Yussy Maulia, Senin, 15 Mei 2023 | 16:43 WIB
Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) 2023 hampir memasuki tahap akhir, yaitu awarding night. (Dok. Toyota)

Bobo.ID – Rangkaian program Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) yang ke-16 akan segera ditutup dengan agenda national awarding pada 4 Juli 2023 di Museum Angkut, Batu, Jawa Timur.

Kompetisi menggambar tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Toyota Indonesia sejak 2004 ini sukses menjadi ajang unjuk kreativitas anak-anak dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Di Indonesia sendiri, tercatat ada 6.161 karya yang dikumpulkan dari 20 provinsi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.235 karya berhasil lolos seleksi ide.

Penilaian dan proses kurasi karya dilakukan oleh para juri yang kompeten, di antaranya komikus dan illustrator Marvel dan DC Comics Ario Anindito, dosen jurusan desain komunikasi visual (DKV) Institut Kesenian Jakarta Bambang Rahadian, co-founder Tiga Generasi Saskhya Aulia Prima, serta pakar pendidik anak dan remaja Laksmi W.

Baca Juga: Kenalan dengan Coreng, Adik Perempuan Bobo yang Suka Menggambar

Selain itu, proses penilaian juga melibatkan President Director, Vice President Director, dan perwakilan manajemen PT Toyota Astra Motor (TAM), CEO Sekolah.mu Najeela Shihab, dan perwakilan majalah Bobo Sigit Purnomo.

Beberapa indikator penilaian karya  antara lain pesan tersirat dalam karya, keunikan, dan nilai artistik yang terkandung dalam karya.

Selain itu, kesesuaian konsep karya dengan tema besar Toyota Dream Car Art Contest tahun ini juga menjadi salah satu indikator penilaian, yakni “Mobil Impian Masa Depan”.

Melalui tema tersebut, Toyota mengajak anak-anak Indonesia untuk berani bermimpi dan berbagi ide dengan mengkreasikan mobil impian di masa depan yang dapat menjawab tantangan masyarakat untuk menjadikan dunia yang lebih baik bagi seluruh makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Gambar Ilustrasi: Jenis-Jenis dan Teknik Menggambarnya

Pemenang pun dibagi ke dalam tiga tahap, yaitu 100 besar, 10 besar, dan 3 besar. Pada tahun ini, Toyota memberikan hadiah dan apresiasi yang lebih spektakuler untuk para pemenang dibanding tahun sebelumnya, termasuk apresiasi melalui galeri karya virtual yang memuat 300 karya terbaik yang dapat dikunjungi di laman https://tdcacindonesia.com.

Membanggakan, pemenang kategori 3 besar berkesempatan untuk mewakili Indonesia di ajang global awarding TDCAC ke-16 di Jepang!