Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 9 subtema 3, kita masih akan belajar tentang iklan di berbagai media.
Mengutip Kemdikbud, iklan adalah teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
Umumnya, iklan disampaikan melalui berbagai media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, dan juga internet.
Iklan juga dijadikan sebagai media untuk memberitahukan pada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual dan ditawarkan.
Efek langsung iklan yakni peningkatan suatu penjualan atau setidaknya produk bisa semakin dikenal luas oleh masyarakat.
Untuk memaksimalkan efeknya, maka iklan perlu dibuat semenarik mungkin dengan memenuhi beberapa unsur iklan.
Fungsi Iklan
Iklan banyak digunakan masyarakat untuk mempromosikan atau menawarkan produk atau jasa ke masyarakat luas.
Dilansir dari Kompas.com, ada beberapa fungsi iklan, yakni:
- Memberikan informasi agar konsumen mengetahui produk dan merek yang diiklankan dan memberikan citra merek positif.
- Mampu membujuk calon konsumen untuk mau mencoba dan membeli produk yang diiklankan.
- Untuk membangun serta memelihara hubungan baik antara konsumen dengan perusahaan penyedia produk atau jasa.
Baca Juga: 4 Jenis Iklan Berdasarkan Isinya, dari Iklan Penawaran hingga Permintaan