Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 9 subtema 1, kita akan belajar bersama tentang iklan di berbagai media massa.
Mengutip Kemdikbud, iklan adalah teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
Umumnya, iklan disampaikan melalui berbagai media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, dan juga internet.
Iklan juga dijadikan sebagai media untuk memberitahukan pada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual dan ditawarkan.
Efek langsung iklan yakni peningkatan suatu penjualan atau setidaknya produk bisa semakin dikenal luas oleh masyarakat.
Untuk memaksimalkan efeknya, maka iklan perlu dibuat semenarik mungkin dengan memenuhi beberapa unsur iklan.
Salah satunya adalah bahasa iklan yang perlu diperhatikan. Sebab, bahasa di media yang berbeda bisa jadi berbeda.
Nah, kali ini Bobo akan memberikan informasi dan penjelasan tentang ciri-ciri bahasa iklan di media cetak. Simak, yuk!
Iklan media cetak merupakan iklan yang disampaikan menggunakan media cetak, seperti tabloid, koran, atau majalah.
Ciri paling menonjol dari iklan media cetak tidak bisa sembarang dipublikasikan. Pemasangan iklan harus mengikuti kolom dan baris.
Meski begitu, banyak orang memilih iklan lewat media cetak karena jangkauannya luas dan bisa dibaca oleh siapa saja.
Baca Juga: Unsur-Unsur pada Iklan 'Toko Mas Subur', Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 9
Tak hanya itu, ciri iklan di media cetak yang juga harus diperhatikan adalah bahasa penulisannya yang berbeda dengan media lain.
Ciri-ciri bahasa iklan di media cetak, antara lain:
Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, iklan di media cetak biasanya akan terbatas pada kolom dan baris.
Oleh karena itu, penggunaan kalimatnya harus lugas, maksudnya penulisan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
Kalau kalimat iklan yang digunakan terlalu panjang, maka harus ada pemotongan sesuai dengan kolom dan baris yang tersedia.
Meski tidak terlalu panjang, kalimat yang digunakan harus jelas dalam memberikan informasi yang lengkap.
Hal ini bertujuan agar calon pembeli bisa langsung menangkap apa yang dimaksud oleh iklan itu tanpa berlama-lama.
Ciri-ciri bahasa iklan di media cetak selanjutnya adalah menggunakan bahasa yang sugestif. Apa maksudnya, Bo?
Sugestif adalah narasi yang berusaha menyampaikan suatu maksud pada pembaca sehingga tampak seolah-olah melihat.
Artinya adalah iklan mampu memikat dan membuat calon pembeli memiliki pandangan tertentu pada produk tersebut.
Dengan bahasa sugestif, maka kemungkinan calon pembeli membeli barang atau jasa yang ditawarkan semakin besar.
Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 9, Apakah yang Dimaksud dengan Iklan?
Ini berarti, semakin sugestif bahasa yang digunakan dalam iklan, maka semakin besar pula efek baik yang didapatkan.
Ciri-ciri iklan yang ditampilkan di media cetak selanjutnya adalah menggunakan bahasa persuasif. Apa itu, Bo?
Bahasa persuasif adalah bahasa atau kalimat yang bertujuan membujuk, meyakinkan seseorang untuk melakukan sesuatu.
Ada beberapa kata yang bisa digunakan dalam bahasa persuasif, seperti kata ayo, mari, belilah, hingga datanglah.
Iklan media cetak perlu menggunakan bahasa persuasif untuk meyakinkan calon pembeli untuk membeli produk yang diiklankan.
Sebelum membuat iklan media cetak, kita perlu menentukan target atau orang yang akan dituju lewat iklan.
Karena iklan diharapkan bisa menjangkau khalayak luas, maka sebaiknya bahasa yang digunakan bisa komunikatif.
Artinya, bahasa yang digunakan dalam iklan bisa singkat, jelas, dan mudah dimengerti atau dipahami oleh semua kalangan.
Hal ini dilakukan agar orang yang membacanya bisa memahani dengan baik mengenai iklan yang ditawarkan.
Selain itu, iklan harus menggunakan bahasa yang objektif dan jujur agar pembeli tidak termakan dan kecewa dengan iklan.
Nah, itulah beberapa ciri-ciri iklan di media cetak. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk teman-teman, ya.
Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 SD, Apa Saja Unsur-Unsur Iklan di Media Massa?
----
Kuis! |
Apa yang dimaksud dengan iklan? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Ikuti juga keseruan rangkaian acara ulang tahun Majalah Bobo yang ke-50 di majalah, website, dan media sosial Majalah Bobo, ya! #50TahunMajalahBobo2023
Cara Bersikap terhadap Barang yang Dipakai, Materi Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
Source | : | Kompas.com,Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR