Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 9 subtema 1, kita akan belajar bersama tentang serba-serbi iklan di berbagai media.
Sebelumnya, kita sudah belajar tentang bagaimana sikap memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
Sikap persatuan dan kesatuan ini memang penting diterapkan di manapun, seperti di keluarga maupun sekolah.
Dengan menerapkan sikap persatuan dan kesatuan, maka akan terbentuk kerukunan, rasa aman, dan nyaman dalam masyarakat.
Salah satu cara yang bisa digunakan untuk memperkukuh persatuan adalah dengan menyebarkan gerakan melalui iklan di berbagai media.
Nah, pada buku tematik kelas 5 SD halaman 24, kita diminta mengingat kembali tentang apa yang dimaksud dengan iklan.
Apakah teman-teman sudah menemukan jawabannya? Berikut ini Bobo akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan iklan.
Iklan adalah sebuah pesan promosi yang dibuat untuk mempromosikan atau memasarkan suatu produk, jasa, atau kegiatan.
Tujuan penyebaran iklan di media massa adalah agar semakin banyak orang yang tahu tentang sesuatu yang dipromosikan.
Harapannya, iklan bisa memengaruhi orang untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ada pada iklan.
Iklan dapat kita temukan dengan mudah pada media cetak, laman dari situs web, internet, televisi, radio, dan lain sebagainya.
Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 SD, Apa Saja Unsur-Unsur Iklan di Media Massa?
Iklan merupakan salah satu bagian dari industri perdagangan yang berfungsi untuk menawarkan produk supaya laku dijual.
Namun, iklan tidak hanya menawarkan produk, iklan juga bisa memberikan informasi sehingga pembaca bisa mendapat pengetahuan.
Iklan dapat dibuat dalam berbagai bentuk dan format, seperti iklan cetak, iklan audio, iklan visual, dan iklan digital.
Dalam beberapa kasus, iklan juga bisa berupa sponsor atau dukungan dari perusahaan untuk suatu acara atau program.
Tahukah teman-teman? Ternyata, iklan memiliki beberapa fungsi penting dalam dunia bisnis atau ekonomi, antara lain:
Iklan bisa membantu meningkatkan kesadaran konsumen tentang produk atau jasa tertentu, terutama jika produk itu masih baru.
Baru disini artinya, produk atau jasa yang dipromosikan itu masih belum dikenal luas oleh masyarakat di wilayah itu.
Dengan mempromosikan produk secara efektif, iklan bisa membantu menarik perhatian calon pelanggan dan mencoba produknya.
Iklan bisa membantu meningkatkan penjualan dengan membuat produk atau jasa lebih menarik dan memikat bagi konsumen.
Iklan yang baik bisa membuat calon konsumen merasa terkesan dan ingin membeli produk atau jasa yang dipromosikan.
Fungsi iklan yang ketiga adalah, iklan bisa membantu membangun citra merek yang kuat dan positif di mata konsumen.
Baca Juga: Menjawab Pertanyaan dari Teks Iklan Susu Peninggi Badan, Materi Kelas 5 SD
Iklan yang terus menerus dan konsisten bisa membantu memperkuat identitas merek dan meningkatkan kesetiaan pelanggan.
Selain itu, iklan juga dapat memberikan informasi tentang produk atau jasa tertentu secara lebih lengkap pada konsumen.
Informasi itu bisa membantu konsumen memahami fitur dan manfaat produk, serta membandingkan produk dengan produk lain.
Iklan juga bisa membantu menjalin hubungan dengan pelanggan dan memperkuat interaksi antara merek dan pelanggan.
Iklan yang menggugah emosi dan menciptakan hubungan emosional dengan konsumen bisa membantu memenangkan hati pelanggan.
Iklan yang baik dan bisa menarik khalayak dibuat dengan unsur-unsur pembentuk sebagai berikut:
1. Nama pemasang iklan atau penyandang dana harus jelas.
2. Harus ada pesan yang disampaikan, berwujud verbal maupun nonverbal.
3. Harus ada media atau sarana yang digunakan untuk menyajikan iklan. Contohnya media cetak, media elektronik, dan lain sebagainya.
4. Harus ada penerima atau sasaran yang dituju,
5. Harus ada efek atau perubahan yang terjadi setelah penerima atau target yang dituju menerima iklan tersebut.
6. Ada umpan balik atau tanggapan yang dikehendaki oleh penerima iklan sehingga produk yang ditawarkan bisa dibeli.
Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 3, Apakah Ciri-Ciri yang Dimiliki oleh Bahasa Iklan Elektronik?
Artikel ini dibuat dengan bantuan AI dan diperiksa ulang oleh Redaksi Bobo.id
----
Kuis! |
Mengapa perlu menerapkan persatuan dan kesatuan? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Ikuti juga keseruan rangkaian acara ulang tahun Majalah Bobo yang ke-50 di majalah, website, dan media sosial Majalah Bobo, ya! #50TahunMajalahBobo2023
Source | : | Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,Chatgpt (AI) |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR