Bobo.id - Pada buku tematik kelas 5 SD tema 9 subtema 1, kita akan belajar serba-serbi tentang iklan di berbagai media.
Mengutip Kemdikbud, iklan adalah teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
Ada beberapa unsur yang ditampilkan dalam sebuah iklan. Unsur-unsur itu seperti gambar, gerak, dan juga suara.
Umumnya, iklan disampaikan melalui media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, dan juga internet.
Iklan juga dijadikan sebagai media untuk memberitahukan pada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual dan ditawarkan.
Iklan adalah metode yang terbukti berhasil menjangkau pembeli. Iklan menarik memberikan dampak yang besar pula.
Efek langsung iklan yakni peningkatan suatu penjualan atau setidaknya produk bisa semakin dikenal luas oleh masyarakat.
Namun, iklan yang menarik dan memberikan dampak besar harus memenuhi beberapa unsur iklan, antara lain:
Hal penting yang harus ada dalam sebuah iklan adalah nama produk. Alasannya, agar produk itu memiliki identitas diri.
Biasanya nama produk harus memiliki keunikan dan terlihat menonjol. Hal ini dilakukan agar mudah dikenali oleh masyarakat.
Oleh karena itu, nama suatu produk yang diiklankan harus dipikirkan dan dipertimbangkan dengan baik.
Baca Juga: Menjawab Pertanyaan dari Teks Iklan Susu Peninggi Badan, Materi Kelas 5 SD
Bisa Mengisi Waktu Liburan, Playground Berbasis Sains Interaktif Hadir di Indonesia!
Source | : | Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR