Bobo.id - Iklan banyak dijumpai di dalam kehidupan sehari-hari. Ada beragam jenis iklan di media massa seperti media cetak ataupun media elektronik.
Apakah teman-teman tahu pengertian iklan? Iklan adalah media yang digunakan seseorang untuk menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai.
Dalam buku materi kelas 5 SD tema 3, juga ditemukan pembahasan iklan di dalam media cetak, seperti pamflet.
Kemudian dalam pembahasan tersebut, ada pertanyaan tentang unsur-unsur iklan di media massa.
Apakah teman-teman masih belum paham? Yuk, cari tahu!
Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Iklan? Inilah Pengertian, Unsur Pembentuk, dan Fungsinya
Berikut ini kunci jawabannya.
Unsur-Unsur Iklan di Media Massa
Iklan terdiri dari beberapa jenis, antara lain iklan layanan masyarakat, iklan perdagangan atau produk, dan sebagainya.
Hal yang paling penting, iklan itu ditujukan untuk masyarakat umum. Agar tujuan tersebut tersampaikan dengan baik.
Berikut ini unsur-unsur pembentuk iklan:
1. Nama Produk
Hal penting yang harus ada dalam sebuah iklan adalah nama produk. Alasannya, agar produk tersebut memiliki identitas diri.
Biasanya nama produk harus memiliki keunikan dan terlihat menonjol. Hal ini dilakukan agar mudah dikenali oleh masyarakat.
Oleh sebab itu, nama suatu produk harus dipikirkan dan dipertimbangkan dengan baik.
Baca Juga: Cara Menentukan Kata Kunci dan Manfaat Kata Kunci dalam Iklan Media Cetak, Materi Kelas 5 Tema 3
2. Gambar Produk
Untuk menambah daya tarik iklan bisa dilakukan dengan gambar produk. Tujuannya, agar makna dan maksud sebuah iklan bisa tersampaikan dengan baik.
Untuk itu saat membuat iklan produk disarankan untuk menggunakan variasi gambar, teks ataupun video.
3. Kalimat Deskriptif
Dalam KBBI, deskriptif adalah memiliki sifat deskripsi, artinya dapat menggambarkan dengan jelas dan terperinci.
Dalam iklan harus menggunakan kalimat yang menggambarkan kelebihan dan keunggulan produk dengan jelas dan terperinci.
Hal ini dilakukan agar pembaca atau pembeli produk dapat memahami kelebihan dan kegunaan dari produk tersebut.
4. Kalimat Persuasif
Bahasa iklan biasanya lebih luwes dan mudah dipahami. Hal ini dilakukan agar masyarakat tertarik membeli produk itu.
Agar lebih menarik lagi, biasanya juga ditemukan kalimat persuasif atau ajakan yang bertujuan untuk menarik perhatian pembeli atau pembaca.
Baca Juga: Ciri-Ciri dan Perbedaan Iklan Baris dengan Iklan Kolom, Materi Kelas 5 Tema 9 Subtema 3
5. Menarik Perhatian
Untuk mendapatkan perhatian pembaca atau pembeli. Iklan harus dibuat dengan menggunakan ide-ide yang kreatif.
Jika iklan sebuah produk terlihat unik dan menghibur, maka akan banyak pembaca atau pembeli yang memberi perhatian dan atensi.
Nah, itu tadi unsur-unsur iklan di media massa, seperti pamflet. Unsur-unsur tersebut meliputi nama produk hingga menggunakan kalimat persuasif.
Penjelasan ini dapat menjadi pedoman bagi orang tua untuk mendampingi kegiatan belajar di rumah.
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 3, Kelas 5 SD)
Tonton video ini, Yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | Materi Pelajar |
Penulis | : | Ikawati Sukarna |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR