Apa Saja Perbedaan Nasionalisme, Chauvinisme, dan Patriotisme? Materi PPKn

By Fransiska Viola Gina, Sabtu, 20 Mei 2023 | 09:30 WIB
Perbedaan nasionalisme, chauvinisme, dan patriotisme. (freepik)

Bobo.id - Pada materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 11 SMA, kita akan belajar tentang paham nasionalisme.

Paham nasionalisme merupakan salah satu paham yang berkembang sangat pesat di wilayah Eropa dan diadaptasi di Indonesia.

Tujuan dari nasionalisme adalah untuk mempertahankan keutuhan dan kedaulatan negara serta memperkuat persatuan dan kesatuan.

Selain nasionalisme, banyak orang yang menyamakannya dengan patriotisme dan chauvinisme karena sama-sama cinta tanah air.

Padahal ketiga sikap ini sebenarnya tidak sama, ketiga sikap ini memiliki perbedaan makna. Hmm, memangnya apa perbedaannya?

Pengertian Nasionalisme, Chauvinisme, Patriotisme

Yap, perbedaan pertama dari nasionalisme, chauvinisme, dan patriotisme bisa kita lihat dari pengertian. Berikut penjelasannya:

1. Nasionalisme

Secara etimologis, kata nasionalisme berasal dari dua kata bahasa Inggris, yakni kata nationalism dan nation, teman-teman.

Kata nation merujuk pada bangsa atau kelompok manusia yang menjadi penduduk resmi suatu negara dalam mencintai tanah airnya.

Dilansir dari Kompas.com, nasionalisme adalah paham yang menganggap bahwa kesetiaan tertinggi tiap individu ada pada suatu negara. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI), nasionalisme adalah paham atau ajaran untuk mencintai bangsa dan negara sendiri.

Contoh sikap nasionalisme, antara lain:

Baca Juga: Manfaat dari Keberagaman Suku dan Budaya di Indonesia, Materi PPKn