Pemandangan Langit di Kota dan Desa Berbeda, Apa Penyebabnya?

By Grace Eirin, Rabu, 7 Juni 2023 | 19:30 WIB
Penyebab pemandangan langit di kota kotor dan abu-abu. (Brady Bellini/Unsplash)

Bobo.id - Teman-teman, coba perhatikan sekitarmu, apakah pemandangan langit di lingkungan tempat tinggalmu berwarna biru bersih atau abu-abu? 

Warna langit di sekitar kita sebenarnya biru, namun dapat berubah menjadi warna lain jika di udara terdapat partikel-partikel tertentu. 

Dilansir dari NASA, sinar Matahari mencapai atmosfer Bumi dan tersebar ke segala arah oleh bantuan gas dan partikel di udara. 

Nah, cahaya biru tersebar lebih banyak daripada warna lain karena merambat sebagai gelombang yang lebih pendek dan lebih kecil. 

Cahaya Matahari ini merupakan campuran warna, ketika melewati benda bening maka sebagian cahayanya akan dibelokkan atau dibiaskan.

Cahaya yang sudah menembus benda bening, yaitu tetesan air, akan menyebar menjadi beberapa warna yang disebut spektrum. 

Nah, cahaya biru tersebar ke segala arah oleh molekul-molekul kecil udara di atmosfer Bumi, teman-teman. 

Warna biru yang tersebar lebih banyak daripada warna lain ini didukung oleh panjang gelombang yang lebih pendek, sehingga langit kita terlihat biru. 

Pemandangan birunya langit sering kita temui saat pagi hari, cuaca cerah, dan daerah tertentu, terutama di pedesaan atau hutan. 

Sementara di kawasan kota yang padat, warna langit tidak terlihat biru bersih.

Lantas, apa yang menyebabkan pemandangan langit di kota terlihat cenderung abu-abu daripada biru bersih? Yuk, cari tahu!

Baca Juga: Meski Ruang Angkasa Gelap, Mengapa Langit Terlihat Biru dari Bumi?