Sanggar Anak Alam Yogyakarta: Belajar dari Hal-Hal Kecil

By Ayu Ma'as, Rabu, 21 Juni 2023 | 12:58 WIB
Sanggar Anak Alam Yogyakarta adalah salah satu sekolah dengan konsep belajar unik. Sejak usia dini siswa-siswinya telah dilatih kritis dan kreatif dalam belajar. (Instagram Salam Jogja)

Bobo.id - Teman-teman, ketika membayangkan sekolah, hal-hal apakah yang pertama muncul di benakmu?

Sekolah biasanya berhubungan dengan buku pelajaran, hafalan, hingga jadwal pelajaran yang padat.

Sekolah juga biasanya berhubungan dengan seragam dan sikap duduk sempurna ketika menjelaskan penjelasan guru di depan kelas.

Tapi, berbeda dengan sekolah berkonsep unik bernama Sanggar Anak Alam (SALAM), nih, teman-teman.

Di sekolah yang berlokasi di Kampung Nitiprajan, Kasihan, Bantul, Yogyakarta ini, anak-anak diajari untuk mandiri ketika belajar.

Belajar menjadi cara siswa-siswi salam untuk berproses dan memahami hal-hal yang terjadi di sekitar mereka.

Siswa-siswi di SALAM diajari untuk melihat diri mereka sendiri, apa yang membuat mereka tertarik dan didorong untuk bisa mengembangkannya.

Nah, kali ini teman-teman akan diajak mengenal konsep belajar di Sanggar Anak Alam Yogyakarta yang tidak ditemukan di sekolah-sekolah formal pada umumnya.

Riset Mandiri

Kegiatan riset yang dilakukan oleh siswa-siswi Sanggar Anak Alam Yogyakarta akan dinilai dan dilihat hasil akhirnya di tahapan presentasi, salah satunya lewat workshop. (Instagram Salam Jogja)

Riset disebutkan jadi gerbang pembuka bagi siswa-siswi untuk belajar berbagai ketrampilan, mulai dari membaca, menulis, menghitung (calistung), analisa, komunikasi, hingga tata krama berbaur dengan masyarakat sekitar.

Ketika seorang siswa memilih tema riset, hal itulah yang akan didalami sepanjang satu semester, teman-teman.