Peran dan Fungsi Pelaku Ekonomi dalam Suatu Perekonomian, Materi IPS

By Fransiska Viola Gina, Senin, 26 Juni 2023 | 08:00 WIB
Mengenal pelaku ekonomi dan perannya dalam perekonomian. (freepik)

Bobo.id - Pada materi Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 8 SMP, kita akan belajar tentang peran pelaku ekonomi dalam perekonomian.

Setiap hari, setiap orang selalu melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Orang itu adalah pelaku ekonomi.

Yap, pelaku ekonomi adalah seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ekonomi. Baik itu produksi, distribusi, dan konsumsi.

Ada juga yang menyebut kalau pelaku ekonomi adalah seseorang, perusahaan, atau organisasi yang dapat memengaruhi ekonomi.

Secara garis besar, pelaku ini ekonomi terdiri dari rumah tangga keluarga, masyarakat, perusahaan, pemerintah, dan luar negeri.

Nah, masing-masing pelaku ekonomi itu memiliki fungsi dan perannya masing-masing dalam perekonomian. Apa saja? Simak, yuk!

1. Rumah Tangga Keluarga

Rumah tangga keluarga adalah pelaku ekonomi dalam lingkup terkecil. Meski begitu, dari sini lah perekonomian luas terbentuk. 

Rumah tangga keluarga sebagai pelaku ekonomi ini terdiri atas ayah, ibu, anak, dan anggota keluarga lain seperti saudara.

Sebagai pelaku ekonomi, rumah tangga keluarga mempunyai dua peran, yakni sebagai pelaku produksi dan pelaku konsumsi.

Peran rumah tangga keluarga dari sisi produksi bisa dilihat dari pemanfaatan tenaga untuk perusahaan atau instansi pemerintah. 

Sementara dari sisi konsumsi bisa dilihat dari pemanfaatan produk, baik barang atau jasa untuk memenuhi segala kebutuhannya.

Baca Juga: 10 Cara Menghargai Setiap Pelaku Kegiatan Ekonomi, Materi Kelas 5 SD