Apa Saja Perbedaan Ideologi Terbuka dan Ideologi Tertutup? Materi PPKn

By Fransiska Viola Gina, Senin, 26 Juni 2023 | 08:30 WIB
Perbedaan ideologi terbuka dan ideologi tertutup. (freepik)

Bobo.id - Pada materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 8 SMP, kita akan belajar bersama tentang ideologi.

Ideologi sendiri merupakan gagasan, pandangan, ide, cita-cita, keyakinan, atau kepercayaan seseorang terhadap sesuatu. 

Ideologi berasal dari bahasa Yunani, yakni idea yang artinya gagasan atau cita-cita. Ada juga kata logos yang artinya ilmu.

Menurut KBBI, ideologi adalah kumpulan konsep bersistem dan dijadikan asas pendapat yang memberikan arah dan tujuan kelangsungan hidup.

Indonesia sendiri mempunyai ideologi bangsa, yakni Pancasila yang harus diamalkan semua masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut sifatnya, ideologi ini dibedakan menjadi dua. Ada ideologi tertutup dan ideologi terbuka. Apa bedanya, ya? Simak, yuk!

Ideologi Terbuka

Ideologi terbuka adalah ideologi yang punya pemikiran terbuka sehingga mampu mengikuti arus perkembangan zaman dan bersifat dinamis. 

Ideologi terbuka ini lebih banyak diterapkan oleh negara-negara lain, termasuk Indonesia dengan ideologi Pancasila.

Pancasila sebagai ideologi terbuka ini dipandang sebagai ideologi yang fleksibel, dinamis, dan mencerminkan keterbukaan pikiran.

Keterbukaan bukan berarti dapat mengubah nilai Pancasila, melainkan lebih membuka wawasan sehingga bisa menghadapi masalah baru.

Nah, ideologi yang sifatnya dinamis ini pasti mampu menyesuaikan diri di tengah perkembangan zaman dan tak kalah bersaing.

Baca Juga: Mengapa Lembaga Sosial Harus Memiliki Ideologi? Materi IPS untuk SMP