Mengenal Aspek Tindakan Ekonomi Rasional dan Irasional, Materi IPS

By Amirul Nisa, Sabtu, 1 Juli 2023 | 07:30 WIB
Mengenal dua aspek dalam tindakan ekonomi dan contohnya. (freepik/pikisuperstar)

Bobo.id - Dalam kehidupan ekonomi, setiap individu akan dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu tindakan, motif, dan prinsip.

Pada materi IPS kelas VII SMP, teman-teman akan dikenalkan pada tiga faktor tersebut.

Tapi kali ini, kita akan memahami salah satu faktor yaitu tindakan ekonomi.

Tindakan ekonomi ini terdiri dari dua aspek, yaitu tindakan ekonomi rasional dan irasional.

Tindakan ekonomi merupakan kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk mempertimbangkan pengorbanan agar bisa mendapat hal yang diinginkan.

Selain itu, tindakan ekonomi juga mengacu pada setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling baik serta menguntungkan.

Sedangkan Asmarani yang seorang ahli ekonomi menyebut tindakan ekonomi sebagai kegiatan atau tindakan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup agar mencapai kemakmuran.

Meski begitu tindakan ekonomi yang dilakukan tetap dilandasi prinsip ekonomi.

Seorang tokoh lain, yaitu Ibrahim menyebut bahwa tindakan ekonomi merupakan usaha untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia.

Hal itu dilakukan dengan berbagai cara dari memanfaatkan hasil alam, mengolah tanah, berdagang, membuka usaha, dan lain sebagainya.

Jadi, secara sederhana, tindakan ekonomi bisa diartikan sebagai tindakan ekonomi dalam bentuk aksi yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan dengan mendapat keuntungan yang besar.

Baca Juga: Mengapa Faktor Ekonomi dapat Mendorong Mobilitas Penduduk? Materi IPS