Kolaborasi Jadi Kunci Utama di Dunia Pendidikan, Belajaraya 2023 Hadirkan Musisi Tanah Air

By Heni Widiastuti, Jumat, 28 Juli 2023 | 15:40 WIB
Acara Belajaraya 2023 Festival #SemuaMuridSemuaGuru pada Jumat (28/7/23). (Doc by Heni Widiastuti/Bobo.id)

Bobo.id - Acara press conference Belajaraya 2023 Festival Semua Murid Semua Guru digelar pada Jumat (28/7/23) di CGV, FX Sudirman, Jakarta.

Sebagai Jaringan Penggerak Pendidikan, acara besar ini juga akan diselenggarakan di Pos Bloc, Jakarta Pusat pada Sabtu (29/7/23).

Nah, acara ini pun menjadi ruang untuk inovasi, kolaborasi, dan integrasi untuk Komunitas atau Organisasi Pendidikan (KOP) sebagai penggerak perubahan ekosistem pendidikan di Indonesia.

Belajaraya 2023 ditandai dengan transformasi konsep acara yang variatif dan mendorong partisipasi publik melalui #KerjaBarengan.

Belajaraya di tahun ini dilakukan secara offline dengan 52 kelas belajar tematik dan 3 sesi Ngobrol Publik, teman-teman.

Dihadiri oleh Tokoh dan Musisi Tanah Air

Beberapa tokoh Tanah Air yang hadir menjadi narasumber Ngobrol Publik di antaranya yaitu, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Pak Nadiem Makarim, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Pak Anies Baswedan, mantan Menteri Agama Pak Quraish Shihab, artis Kak Maudy Ayunda, dan lainnya.

Terdapat 70 KOP yang akan mengisi kelas belajar sesuai dengan kepakarannya masing-masing.

Kak Najelaa Shihab selaku pendidik dan inisiator gerakan Semua Murid Semua Guru mengatakan bahwa kunci dari perubahan pendidikan adalah kolaborasi.

"Kunci perubahan pendidikan adalah kolaborasi antar pemangku kepentingan dan keterlibatan publik yang makin efektif," jelasnya.

"Melalui Jaringan Semua Murid Semua Guru, kami mendukung berbagai inovasi yang dilakukan oleh ratusan Komunitas dan Organisasi Pendidikan agar semakin berdampak," lanjut Kak Najelaa.

Baca Juga: Peringati Hari Anak Nasional, Toys Kingdom Hadiahkan 1000 Lebih Mainan untuk Anak-Anak di NTT