Google Tingkatkan Keamanan Privasi, Apa Pengaruhnya bagi Akun Kita?

By Grace Eirin, Senin, 31 Juli 2023 | 18:00 WIB
Google meningkatkan keamanan privasi akun penggunanya. (Brett Jordan/Unsplash)

Bobo.id - Akun Google dimiliki oleh hampir seluruh masyarakat dunia saat ini. 

Sebab, dengan akun inilah, teman-teman bisa mengakses internet dengan mudah, berhubungan dengan banyak orang melalui media sosial, dan menyimpan data penting. 

Setiap hari Google berupaya keras untuk menjaga kita dan informasi pribadi yang kita miliki tetap aman serta terlindungi.

Caranya dengan mencegah akses tidak sah ke Akun Google kita dengan perlindungan keamanan bawaan.

Selain itu, menjaga keamanan pengguna berarti menerapkan praktik privasi yang kuat di semua produk Google yang meminimalkan durasi penyimpanan file pribadi dan data apa pun yang terkait.

Google juga ingin melindungi informasi pribadi kita dan mencegah semua akses tidak sah ke akun kita, meskipun kita tidak lagi menggunakan layanan Google.

Oleh karena itu, Google memperbarui periode tidak aktif untuk Akun Google menjadi dua tahun di semua produk dan layanan Google.

Perubahan ini mulai diluncurkan hari ini dan akan berlaku untuk setiap Akun Google yang tidak aktif, yaitu akun yang tidak login atau tidak digunakan dalam kurun waktu dua tahun.

Akun tidak aktif dan setiap konten di dalamnya akan memenuhi syarat untuk dihapus mulai 1 Desember 2023.

Apa Pengaruhnya bagi Akun Google?

Perubahan ini tidak akan memengaruhi akun kita, kecuali jika kita tidak aktif menggunakan Akun Google selama dua tahun atau tidak menggunakan akun untuk login ke layanan Google apa pun selama lebih dari dua tahun.

Meskipun perubahan ini mulai berlaku hari ini, pihak Google akan menerapkan penghapusan akun paling cepat Desember 2023.

Baca Juga: 4 Cara Login ke Akun Google dengan Aman dan Mudah