Melindungi dari Bahaya di Ruang Angkasa, Inilah Fungsi Pakaian Astronaut

By Grace Eirin, Minggu, 24 September 2023 | 07:00 WIB
Bukan sembarang pakaian, inilah fungsi penting pakaian yang dipakai astronaut. (Pixabay/pexels)

Bobo.id - Teman-teman, adakah di antara kamu yang memiliki cita-cita menjadi astronaut?

Bukan sekadar keren, profesi astronaut juga memiliki peran yang penting. Oleh karena itu, tidak sembarang orang bisa menjadi astronaut. 

NASA memiliki kriteria khusus yang harus dipenuhi jika seseorang ingin mendaftarkan diri menjadi astronaut. 

Bersumber dari NASA, astronaut harus memiliki gelar master di bidang STEM, atau dua tahun bekerja menuju gelar Ph.D program di bidang sains, teknologi, teknik, atau matematika. 

Kemudian, astronaut juga sudah berpengalaman di bidang astronomi secara profesional setidaknya selama dua tahun, atau telah menghabiskan 1.000 jam menjadi pilot pesawat jet. 

Syarat tersebut memang terlihat sulit, akan tetapi kita bisa mencapai cita-cita menjadi astronaut jika rajin belajar dan tidak menyerah. 

Nah, sebelum menjadi astronaut, tentu saja kita harus mengumpulkan banyak informasi mengenai astronaut dan hal-hal yang berkaitan. 

Maka dari itu, Bobo punya fakta menarik tentang pakaian astronaut, nih. Yuk, cari tahu informasi lengkapnya di sini!

Fungsi Pakaian Astronaut

Pakaian astronaut disebut juga pakaian ruang angkasa (spacesuit). Pakaian ini hanya digunakan astronaut ketika berada di ruang angkasa. 

Meski kita bisa menemukan kostum pakaian astronaut dengan mudah, spacesuit yang benar-benar digunakan astronaut ketika bertugas bukanlah pakaian sederhana. 

Baca Juga: Berada di Ruang Hampa Udara, Bagaimana Cara Astronaut Berkomunikasi di Stasiun Ruang Angkasa?