Berlokasi di Gedung Gramedia, Sekolah Murid Merdeka Hadirkan 8 Sekolah

By Heni Widiastuti, Selasa, 6 Februari 2024 | 08:15 WIB
Kolaborasi Sekolah Murid Merdeka dan Gramedia. (Heni Widiastuti/Bobo.id)

Bobo.id - Teman-teman, pada Senin (5/2/24) diadakan acara signing ceremony dari Sekolah Murid Merdeka dan Gramedia di Gedung Menara Kompas.

Yap, ternyata Sekolah Murid Merdeka (SMM) dan Gramedia melakukan sebuah kolaborasi untuk membuat 8 sekolah yang didirikan di kawasan Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk dari pemerataan pendidikan yang fokus pada pengembangan kompetensi masa depan di Indonesia.

Nah, 8 sekolah inilah yang merupakan awal dari kolaborasi SMM dan Kompas, yang mana puluhan HUB lainnya akan dibangun bersama Gramedia selama 3 tahun ajaran.

Dengan bertambahnya SMM di lokasi-lokasi tersebut, maka akses pendidikan berkualitas akan semakin terbuka lebar untuk anak-anak Indonesia.

Sejalan dengan hal tersebut, Kak Najeela Shihab selaku pendiri Sekolah Murid Merdeka mengatakan bahwa kolaborasi tersebut dapat memperkaya proses kurikulum.

"Kolaborasi bersama Gramedia, keinginan menjangkau lebih luas dan makin memperkaya proses kurikulum dan lain-lain," kata Kak Najeela saat ditemui di Gedung Menara Kompas.

Literasi Menjadi Hal Terpenting

Sekolah Murid Merdeka merupakan sekolah inovatif yang berfokus pada metode belajar blended learning yang mengombinasikan praktik pendidikan konvensional (offline) dengan pendidikan berbasis digital (online) yang saat ini tersebar di 42 lokasi di seluruh Indonesia dari Medan hingga Bali.

Program Sekolah Murid Merdeka dibagi menjadi 6 kategori dengan tujuan pembelajaran yang disesuaikan pada tahapan perkembangan murid yaitu:

1. Pengembangan diri

Baca Juga: AIA Gelar Agenda School Visit dan Coaching Clinic untuk Perdalam 4 Pilar AIA Healthiest Schools