Apa Saja Unsur Pembangun Sebuah Puisi? Materi Bahasa Indonesia

By Amirul Nisa, Kamis, 29 Februari 2024 | 09:00 WIB
Mengenal berbagai unsur pembentuk dalam sebuah puisi, (ThoughtCatalog)

Bobo.id - Karya sastra berupa puisi memang selalu indah, tapi tahukah unsur apa saja yang jadi pembentuknya?

Pada materi Bahasa Indonesia kelas 7 SMP kali ini, kita akan belajar tentang puisi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, mantra, rima, serta penyusunan larik dan bait.

Selain itu, puisi biasanya berupa ungkapan perasaan, pengalaman, atau kesan yang kemudian ditulis dengan bahasa yang baik hingga enak dibaca.

Seorang tokoh bahasa yaitu HB Jassin, justru menjelaskan puisi sebagai suatu karya sastra yang diucapkan dengan perasaan dan memiliki gagasan atau pikiran serta tantang pada suatu hal atau kejadian tertentu.

Sedangkan tokoh sastra lain Herman Waluyo, berpendapat bahasa puisi adalah karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan secara imajinatif dan disusun dengan fokuskan kekuatan bahasa pada struktur fisik dan batin.

Jadi, dari berbagai pengertian itu, bisa disimpulkan kalau sebuah puisi merupakan pemikiran penyair yang kemudian disampaikan dengan menggunakan bahasa yang apik dan punya struktur batin serta fisik yang khas.

Dari pengertian itu, sebuah puisi tentu akan menjadi media khas bagi seseorang atau disebut penyair dalam menyampaikan sesuatu.

Lalu apa saja unsur yang digunakan dalam membuat sebuah puisi itu?

Unsur Dalam Puisi

Dikutip dari Kemdikbud, sebuah puisi akan jadi indah bila melibatkan lima unsur pembangun yang tepat. Lima unsur itu terdiri dari.

  1. Majas
  2. Irama
  3. Kata Konotasi
  4. Kata Berlambang
  5. Imaji

Baca Juga: Belajar Kalimat Tunggal dari Penjelasan dan Contohnya, Materi Bahasa Indonesia

Kelima unsur itu akan membentuk sebuah puisi jadi indah dan enak dibaca.