Mengenal Dr. Soepomo dan Sifat yang Bisa Diteladani, Materi PPKn

By Amirul Nisa, Selasa, 30 April 2024 | 08:00 WIB
Dr. Soepomo sosok pahlawan nasional yang layak diteladani. (Creative Commons/AnsyahF)

Bobo.id - Tahukah teman-teman siapa Dr. Soepomo itu? Nama pahlawan ini memang banyak digunakan sebagai nama-nama jalan di berbagai daerah.

Tapi sebenarnya Dr. Soepomo adalah pahlawan yang punya jasa luar biasa atas kemerdekaan Indonesia, lo.

Pada materi PPKn kelas 8 SMP kali ini, kita akan berkenalan dengan Sr. Soepomo serta meneladani sifatnya.

Sosok Dr. Soepomo

Dr. Soepomo adalah pahlawan yang banyak bergerak secara diplomatis dan berperan dalam banyak persiapan kemerdekaan Indonesia.

Tokoh satu ini berasal dari Sukoharjo, Jawa Tengah yang lahir dari keluarga terpandang pada 22 Januari 1903. Kakek Soepomo adalah KRT Reksowadono yang merupakan Bupati Sukoharjo pada saat itu.

Meski berasal dari keluarga ningrat, Soepomo justru punya sifat yang sederhana dan rendah hati.

Dengan latar belakang keluarga itu, Soepomo bisa mendapatkan pendidikan yang mudah pada masa penjajahan.

Ia bisa bersekolah di sekolah dasar untuk anak-anak Belanda dan bangsawan, yaitu Europeesche Lagere School, hingga melanjutkan pendidikan di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) yang ada di Solo.

Pada tahun 1920, ia menamatkan sekolahnya dengan prestasi yang baik. Lalu melanjutkan pendidikannya lagi ke sekolah hukum di Jakarta dan saat itulah, ia mulai melakukan pergerakan nasional.

Hanya butuh tiga tahun yaitu tahun 1923, Soepomo sudah berhasil menyelesaikan sekolahnya dan kemudian diangkat menjadi pegawai negeri, lalu bekerja di Pengadilan Negeri di Sragen, tempat kakeknya menjabat sebagai bupati.

Tapi sayangnya, pekerjaan itu hanya dilakukan selama setahun, karena Soepomo mengikuti pertukaran pelajar ke Belanda untuk kembali belajar hukum di Fakultas Hukum di Universiteit Leiden.

Baca Juga: 7 Cara Menghargai Jasa Para Pahlawan Nasional Indonesia, Materi PPKn