Perbedaan Planet Luar dan Planet Dalam, Materi IPA Kelas 6 SD

By Grace Eirin, Kamis, 4 Juli 2024 | 09:30 WIB
Belajar membedakan planet luar dan planet dalam. (brgfx/Freepik)

Bobo.id - Apa perbedaan antara planet luar dan planet dalam

Di Tata Surya, ada delapan benda langit yang dianggap sebagai planet, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. 

International Astronomical Union menetapkan kriteria planet memiliki gravitasi yang besar, sehingga mampu menyapu bersih benda-benda lain yang berukuran serupa di dekat orbitnya. 

Berdasarkan orbit asteroidnya, delapan planet ini dibagi menjadi dua kelompok, planet luar dan planet dalam. 

Pada pelajaran IPA kelas 6 SD Kurikulum Merdeka Belajar, kita akan belajar menyebutkan perbedaan planet luar dan planet dalam. 

Yuk, temukan kunci jawaban pertanyaan di atas dari penjelasan berikut ini!

Planet Luar

Planet luar yaitu planet yang letaknya di luar sabuk asteroid, sehingga jauh dari Matahari. 

Berdasarkan bentuk dan ciri-cirinya, planet luar tidak memiliki permukaan yang padat, tersusun dari gas dan es, suhu permukaannya cenderung dingin. 

Selain itu, anggota planet luar berukuran besar, memiliki jumlah bulan atau satelit alami lebih dari 10, dengan medan magnet planet yang kuat. 

Jika dilihat dari rotasinya, planet luar berputar dalam waktu yang lebih cepat untuk mengumpulkan material gas dan debu yang ada di sekitarnya. 

Dengan jaraknya yang jauh dari Matahari, planet luar membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan satu kali putaran mengelilingi Matahari (revolusi). 

Baca Juga: Pengertian Gaya Adhesi dan Kohesi dan Contoh Peristiwanya, Materi IPA