Benarkah Ada Mikroplastik dalam Air yang Kita Konsumsi? Ini Faktanya

By Grace Eirin, Senin, 9 September 2024 | 16:30 WIB
Mikroplastik termasuk masalah lingkungan yang membahayakan kehidupan seluruh makhluk hidup. (Naja Bertolt Jensen/Unsplash)

Bobo.id - Teman-teman, apakah kamu tahu tentang mikroplastik yang termasuk masalah utama lingkungan?

Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan mikroplastik sebagai fragmen atau komponen plastik yang berukuran lima milimeter atau kurang. 

Sedangkan menurut National Geographic, mikroplastik adalah partikel plastik berukuran kecil, yang berasal dari plastik berukuran besar yang sudah terurai. 

Dengan ukurannya yang sangat kecil, mikroplastik mudah tersebar di lingkungan melalui air, udara, dan tanah di sekitar kita. 

Istilah mikroplastik diciptakan oleh Richard Thompsoin, seorang ilmuwan kelautan di Universitas Plymouth pada tahun 2004. 

Mikroplastik dapat tersebar di seluruh kolom air dan sudut dunia, seperti di puncak Gunung Everest hingga palung terdalam Palung Mariana. 

Sementara itu, mikroplastik yang terurai lebih kecil lagi disebut dengan mikrofiber, terkandung dalam air minum dan melayang di udara. 

Jadi, sebenarnya mikroplastik ini ada di mana saja, berdampingan dengan kehidupan seluruh makhluk hidup. 

Lalu, bisakah kita menyaring air yang kita minum untuk menghilangkan mikroplastik? 

Mikroplastik dalam Air Minum

Menurut jurnal Environmental Science & Technology Letters tahun 2024, mikroplastik terdeteksi dalam sampel air keran di 14 negara. 

Baca Juga: Jadi Salah Satu Masalah Lingkungan, Bagaimana Sejarah Plastik Tercipta?