Mengenal Legenda dari Ciri-Ciri dan Strukturnya, Materi Bahasa Indonesia

By Amirul Nisa, Selasa, 1 Oktober 2024 | 08:30 WIB
Legenda adalah bagian dari cerita rakyat yang menarik. ( storyset/freepik)

Bobo.id - Pernahkah teman-teman mendengar cerita terbentuknya suatu wilayah?

Cerita-cerita seperti itu dikenal dengan cerita rakyat yang menyebar secara lisan dan salah satu jenisnya adalah legenda.

Legenda merupakan cerita rakyat yang tidak hanya tentang terbentuknya suatu tempat tapi juga tentang pusaka terkenal.

Pada materi bahasa Indonesia kali ini, kita akan belajar tentang legenda dari memahami pengertiannya hingga struktur jenis cerita rakyat ini.

Apa Itu Legenda?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), legenda merupakan cerita rakyat kuno yang berkaitan dengan peristiwa sejarah.

Selain itu, jenis cerita ini juga menyerupai mitos yang dianggap semi imajiner.

Beberapa ahli seperti Christian Hikers yang seorang profesor sastra Belanda menyebut legenda sebagai dongeng tentang peristiwa sejarah, termasuk peristiwa yang berkaitan dengan hal misterius dan kekuatan gaib.

Sedangkan Emies menilai legenda sebagai suatu cerita kuno, setengah berdasarkan sejarah dan setengahnya berdasarkan angan-angan.

Hooykaas menyebut legenda sebagai dongeng tentang hal-hal berdasarkan sejarah yang mencakup kekuatan supernatural atau supranatural dalam arti yang indah.

Jadi, dari semua pengertian yang sudah disampaikan, legenda adalah sebuah cerita yang merupakan gabungan sejarah dan imajinasi yang kemudian tersebar secara lisan.

Ciri-ciri Legenda

Dari penjelasan sebelumnya, tentu legenda memiliki perbedaan dengan beberapa jenis cerita lainnya. Berikut ada beberapa ciri yang bisa teman-teman pelajari untuk bisa membedakannya.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Dongeng, dari Pengertian hingga Ciri-Ciri, Materi Kelas 3 SD