Menemukan Makna Sila-Sila Pancasila pada Teks Bacaan, Materi kelas 3 SD Kurikulum Merdeka

By Amirul Nisa, Rabu, 9 Oktober 2024 | 12:00 WIB
Menemukan makna sila pada Pancasila dalam teks bacaan. (olia danilevich/pexels)

Bobo.id - Melalui sebuah teks bacaan teman-teman bisa menemukan banyak informasi penting.

Pada materi kelas 3 SD kurikulum merdeka, ada sebuah teks bacaan menarik yang secara tidak langsung juga mengajarkan tentang Pancasila.

Dalam pelajaran Pendidikan Pancasila halaman 143, teman-teman akan menemukan sebuah teks bacaan tentang pentas budaya.

Pada teks bacaan itu, secara tersirat dijelaskan makna dari Pancasila yang merupakan dasar negara dan pedoman hidup masyarakat Indonesia.

Nah, untuk bisa menemukan makna dari kelima sila pada Pancasila, teman-teman harus membaca teks dengan sungguh-sungguh.

Pada teks tersebut akan ada sikap-sikap yang menunjukan makna dari setiap sila Pancasila.

Jadi, mari coba simak teks bacaan berikut lalu teman-teman bisa menemukan beragam makna dari tiap sila Pancasila.

Teks Bacaan

Di sekolah Sonia sedang sibuk menyiapkan pentas budaya sekolah. Mereka hendak memperingati hari kelahiran Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni. Sekolah telah menentukan tema “Persatuan Indonesia”. Teman-teman di sekolah Sonia sangat bersyukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa. Bangsa Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat melimpah dan beragam. Di samping itu, dengan keragaman ini mereka semua tetap hidup rukun, saling menghargai, dan tolong-menolong.

Setiap kelas diminta untuk menyiapkan satu pertunjukan yang berbeda. Ada yang menampilkan tarian daerah, lagu daerah, baju adat, alat musik daerah, dan drama musikal. Berdasarkan hasil musyawarah bersama, hasil keputusannya kelas Sonia akan mempertunjukkan tarian daerah dari daerah asal Sonia yaitu tari gong. Tari gong berasal dari Samarinda, Kalimantan Timur. Meskipun Maruna dari Papua, tetapi tetap berlapang dada melaksanakan keputusan musyawarah.

Sonia dan teman-teman latihan dengan disiplin, semua kompak dan bekerja sama dengan rukun. Semua siswa saling membantu dengan tulus dan melaksanakan tugas yang sudah dibagi dengan adil sesuai kemampuannya.

Berkat kerukunan dan kerja sama dalam kelas, Sonia dan temanteman sukses mempertunjukkan tari gong. Semua peserta didik sangat gembira. Bapak dan Ibu guru pun merasa bangga.

Baca Juga: Makna dan Peran Pancasila Sebagai Dasar Negara, Materi PPKn