Paus Biru, Hewan Terbesar di Dunia

By Lita Maha, Sabtu, 5 Agustus 2017 | 07:00 WIB
Paus Biru, Hewan Terbesar di Dunia. (foto : NOAA/creativecommons.org) (Lita Maha)

Tidak hanya ukurannya saja yang super besar, paus biru memiliki berbagai macam keunikan lain yang asyik untuk kita ketahui.

Mamalia Laut

Paus biru adalah mamalia laut. Ia melahirkan, bukan bertelur. Ia bernapas dengan paru-paru, bukan dengan insang. Paus biru hidupnya lebih sering sendirian. Tetapi, ada juga yang berkelompok, dengan 2-3 ekor. 

Terbesar di Dunia

Paus biru adalah hewan terbesar di dunia. Panjang tubuhnya mencapai 30 meter. Berat badannya hingga 200 ton. Lidahnya hampir seberat gajah. Jantungnya kira-kira sebesar mobil.

Makanannya : Udang Kecil

Meski tubuhnya raksasa, makanan paus biru justru adalah udang kecil yang disebut krill. Pada saat musim panas atau musim makan, paus biru dapat melahap 4 ton udang krill per hari.

Bagaimana cara makannya? Paus biru meneguk air ke dalam mulutnya. Air itu lalu disaring sehingga hanya tersisa udang-udang kecil di dalam mulutnya. Paus biru lalu tinggal menelannya.

Alat penyaringannya disebut lempeng balin, yaitu lapisan berserabut di rahang atas mulutnya. Lempeng balin terbuat dari keratin, yaitu zat yang sama yang ada pada kuku kita.   

Tidak Berwarna Biru

Di dalam lautan, paus biru terlihat berwarna biru. Tetapi sebenarnya, paus biru berwarna abu-abu muda kebiruan dan berbintik-bintik. Tubuh bagian bawahnya berwarna kekuningan karena ada mikroorganisme yang hidup menempel di sana.  

Lubang Pernapasan