Spons, Hewan Ajaib yang Tak Punya Otak

By Iveta Rahmalia, Sabtu, 12 Agustus 2017 | 09:50 WIB
Spons, Hewan yang Ajaib (Iveta Rahmalia)

Teman-teman tahu SpongeBob SquarePants, kan? Di film animasinya, SpongeBob adalah makhluk laut yang ramah dan lucu. Hm… Bagaimana penampilan spons yang asli?

Hewan Tak Berotak

Banyak yang mengira spons adalah tanaman yang menempel di dasar laut, tetapi penelitian menunjukkan bahwa spons adalah hewan multiseluler atau hewan yang memiliki banyak sel. Ajaibnya, walau spons itu hewan, ia tidak memiliki otak, sistem pencernaan, peredaran darah, dan sistem saraf pusat seperti hewan lainnya.

Makan dari Arus Air

Spons tidak bisa berburu makanan seperti hewan lain. Spons makan dengan cara menyaring air yang masuk ke dalam tubuhnya melalui pori-pori. Biasanya spons memakan plankton dan sejenisnya. Spons juga mendapatkan oksigen dan nutrisi dari arus air.

Bisa Tumbuh Lagi

Uniknya, jika bagian tubuh spons ada yang patah terkena arus air, spons bisa menumbuhkan lagi anggota tubuhnya itu. Spons juga bisa menetap di tempat yang berbeda dengan cara melepaskan sebagian anggota tubuhnya, lalu membiarkannya terbawa arus sampai anggota tubuhnya itu menempel di dasar laut atau sungai. Setelah menempel, ia akan terus tumbuh dan berkembang.

Menguntungkan Manusia

Spons banyak dibudidayakan karena menguntungkan bagi manusia. Spons bisa digunakan untuk membersihkan atau menyerap air. Spons juga dianggap lebih aman digunakan, dibanding spons buatan. Spons bisa menghambat pertumbuhan bakteri, lo. Jika dibudidayakan, spons bisa dipanen sampai berumur lebih dari 150 tahun.

Siapa yang pernah menggunakan spons untuk cuci piring?

Spons

Tempat Tinggal: Air laut dan air tawar.