Fakta-Fakta Mata Manusia

By Lita Maha, Minggu, 17 September 2017 | 06:05 WIB
Fakta-Fakta Mata Manusia. (foto : Michael Saludo/creativecommons.org) (Lita Maha)

Kita tidak bisa melihat dunia tanpa mata. Ya, mata adalah organ tubuh yang istimewa. Yuk, kita cari tahu beberapa fakta mata manusia!

Bagian-Bagian Utama Mata

Bagian-bagian dari mata manusia banyak sekali. Setiap bagian memiliki fungsinya masing-masing. Inilah beberapa bagian utama dari mata manusia. 

  1. Sklera atau selaput putih, adalah bagian mata yang berwarna putih. Fungsinya melindungi bola mata.
  2. Kornea atau selaput bening, adalah lapisan bening transparan di atas iris. Fungsinya agar memusatkan cahaya yang masuk.  
  3. Iris atau selaput pelangi. Inilah bagian yang memberi warna pada mata. Misalnya mata biru, berarti irisnya berwarna biru.
  4. Pupil adalah bulatan hitam di tengah iris. Fungsinya menerima cahaya. Ketika cahaya terang, pupil akan mengecil. Ketika cahaya meredup, pupil akan membesar.
  5. Lensa adalah bagian mata yang terletak di belakang iris. Fungsinya mengarahkan cahaya agar fokus ke retina. 
  6. Retina adalah bagian mata yang terletak di belakang bola mata. Fungsinya menerima cahaya dan mengirimkannya ke otak. Retina terdiri atas jutaan sel yang peka terhadap cahaya. Sel-sel itu dikelompokkan menjadi sel batang dan sel kerucut. Sel batang membantu mata melihat dalam keadaan kurang cahaya atau gelap. Sel kerucut berfungsi untuk melihat dalam keadaan terang. Sel kerucut juga berfungsi melihat jutaan kombinasi warna pada benda yang kita lihat.  
  7. Saraf optik adalah kumpulan sel-sel saraf. Fungsinya membawa pesan dari mata ke otak.     
  8. Badan bening adalah bagian terbesar dari mata. Di dalamnya, ada gel yang disebut humor vitreous.

Bagaimana Mata Bekerja?

Cahaya pertama kali masuk melewati kornea. Kornea meneruskan cahaya ke lensa. Dari lensa, cahaya masuk melewati badan bening, lalu terus ke retina. Di retina, cahaya diubah menjadi sebuah pesan. Pesan itu lalu diantar oleh saraf optik ke otak. Nah, otak lalu menerima pesan itu dan akhirnya kita bisa tahu apa yang kita lihat. 

Warna Mata

Sama seperti rambut dan kulit, mata juga memiliki pigmen melanin atau zat warna. Pigmen melanin terdapat di iris. Iris mata yang berwarna hitam dan cokelat, artinya memiliki pigmen melanin yang lebih banyak. Sementara mata biru dan hijau memiliki pigmen melanin lebih sedikit.  

Mata Biru

Menurut penelitian, dulu, tidak ada mata biru. Semua mata berwarna cokelat. Namun, sekitar 10.000 tahun yang lalu, ada perubahan terjadi di dalam tubuh manusia. Perubahan itu menyebabkan perubahan produksi pigmen melanin. Akibatnya, terciptalah mata biru. Diperkirakan perubahan terjadi di Eropa, lalu menyebar ke wilayah-wilayah lain.

Air Mata

Air mata berasal dari kelenjar air mata yang terletak di atas mata. Setiap kali mata kita berkedip, air mata keluar membasahi mata kita. Fungsinya agar mata kita tidak kering dan untuk membersihkan mata kita dari debu, kotoran, gas dari bawang yang kita potong, dan lainnya. 

Kenapa Menangis