Kokeshi, Boneka Kayu Khas Jepang

By Sigit Wahyu, Senin, 30 Januari 2017 | 03:00 WIB
Boneka kayu kokeshi, suvenir cantik dari Jepang. (Sigit Wahyu)

Kokeshi adalah boneka tradisional khas Jepang. Boneka ini terbuat dari kayu. Kokeshi tak hanya berbentuk boneka. Kokeshi juga bisa berbentuk mainan.

Boneka Cenderamata

Kokeshi dikenal di Jepang sejak zaman Edo. Kira-kira pada tahun 1603-1867. Hm, sudah lama sekali, bukan? Kala itu, kokeshi disebut dento kokeshi atau kokeshi tradisional.

Pada 1940 an, setelah Perang Dunia II, kokeshi mulai dibuat sebagai suvenir atau cenderamata. Mulanya kokeshi dibuat oleh para kijiya atau pengrajin dari daerah permandian air panas. Biasanya daerah ini terletak di pegunungan. Para kijiya membuat mangkuk, baki, dan berbagai alat rumah tangga lainnya dari kayu dengan cara dibubut.

Suatu ketika, mereka juga punya ide untuk membuat boneka. Soalnya banyak turis yang berkunjung ke daerah permandian air panas. Biasanya para turis menanyakan cenderamata khas untuk oleh-oleh anak-anak. Nah, karena itulah para kijiya membuat kokeshi boneka. Boneka kayu sederhana yang imut.

Kokeshi yang banyak dijumpai sekarang disebut juga shingata kokeshi atau kokeshi baru. Ada pula sosaku kokeshi atau kokeshi kreatif. Biasanya sosaku kokeshi harganya sangat mahal karena merupakan karya seni para seniman.

Kepala dan Tubuh 

Boneka kokeshi hanya terdiri atas kepala dan tubuh. Meski begitu, kokeshi banyak macamnya. Kokeshi tradisional memiliki 11 tipe, antara lain, Tsuchiyu, Togatta, Yajiro, Naruko, Sakunami, Yamagata, Kijiyama, Nanbu, Tsugaru, Zao-Takayu, dan Hijiori.

Nama-nama itu diberikan sesuai daerah asal masing-masing. Misalnya Kokeshi Tsuchiyu berasal dari permandian air hangat Tsuchiyu. Kokeshi Togatta berasal dari permandian air panas Togatta, dan lainnya. Dari bentuk dan coraknya, tiap kokeshi memiliki ciri khas tersendiri.

Tsuchiyu, ciri-ciri : memiliki leher angsa yang menghubungkan kepala dengan badan. Tubuhnya berbentuk seperti silinder. Ada kase pada dahi Tsuchiyu. Kase adalah gambar dua lingkaran cincin yang terdapat di antara dahi dan pelipis boneka.  

Togatta, ciri-ciri : tubuh berbentuk seperti silinder, lurus, dan bermata lebar. Bagian tubuh biasanya dilukisi bunga atau garis. Bagian kepala ada yang dilukisi hiasan berwarna merah dan garis melengkung dari kepala hingga pipi. Ada juga yang dilukisi potongan rambut bob.

Tak Hanya Boneka