Rahasia Lezatnya Fried Chicken

By Sigit Wahyu, Rabu, 8 Februari 2017 | 09:30 WIB
Fried chicken, enaknya disantap saat masih panas. (Sigit Wahyu)

Kita semua pasti suka makan fried chicken. Tetapi tahukah kamu, apa yang membuat  fried chicken terasa sangat lezat dan membuat kita ketagihan?

Rahasia Aroma Sedap

Saat daging ayam digoreng atau dibakar, aroma sedap akan menyebar kemana-mana dan mengundang selera.  Aroma sedap tersebut berasal dari uap lapisan lemak yang terbakar dan tercampur dengan uap  yang keluar dari bumbu-bumbu, seperti  air jeruk nipis, bawang putih, kemiri, lada, dan lainnya. Kenikmatan menyantap fried chicken adalah pada saat masih panas. Karena pada saat masih panas, aroma lemak dan bumbu sangat terasa dan mengundang selera.   

Rahasia Bumbu

Bumbu, selain memberikan aroma pada masakan juga sebagai penyedap rasa. Bayangkan fried chicken yang hanya diberi tepung, tanpa bumbu. Rasanya pasti hambar dan tidak enak. Tetapi saat dagingnya sudah dibumbui dan tepungnya juga sudah dibumbui, maka akan tercipta fried chicken yang enaknya  luar biasa.

Rahasia Membumbui

Bumbu untuk daging, antara lain bawang putih, kemiri, ketumbar, lada, jahe,  dan lengkuas. Bumbu lalu ditumis sampai harum. Tambahkan sedikit garam, penyedap rasa, dan sedikit air, lalu angkat dan dinginkan. Campurkan daging ayam dengan bumbu sambil diremas-remas. Masukkan daging ayam yang sudah dibumbui ke dalam kulkas agar bumbunya meresap.

Rahasia Tepung

Untuk mendapatkan rasa yang enak dan bergizi, pilihlah tepung terigu yang terjamin kualitasnya. Tambahkan bumbu-bumbu, seperti lada bubuk, ketumbar bubuk, garam, dan sedikit soda kue.  Aduk-aduk hingga bumbu tercampur dan merata.

Rahasia Melumuri  Daging

Untuk mendapatkan fried chicken yang renyahnya terasa, syarat utama lapisan tepung harus tebal. Untuk mendapatkan lapisan tepung yang tebal, gulingkan daging ayam dua atau tiga kali ke dalam tepung bumbu. Saat melumuri daging, jangan ditekan agar tepung bisa mekar dan renyah.

Rahasia Menggoreng

Untuk mendapatkan fried chicken yang renyah, sebaiknya  ayam digoreng dengan metode deep fry atau goreng rendam. Goreng rendam artinya menggunakan minyak yang banyak sehingga daging ayam benar-benar terendam dan matang secara merata.

Rahasia  Tempat