Kabel Laut, Kabel Internet

By Lita Maha, Sabtu, 26 Agustus 2017 | 06:04 WIB
Kabel laut menghubungkan dunia. (ilustrasi : Rarelibra/creativecommons.org) (Lita Maha)

Membaca pengetahuan di Bobo.id, pasang foto di Instagram, mengirim e-mail ke Majalah Bobo, nonton video dongeng di Youtube Majalah Bobo… Semuanya itu bisa kita lakukan berkat kabel-kabel internet yang malang melintang di bawah laut! 

Kabel Laut

Kabel-kabel yang malang melintang di bawah laut itu disebut kabel laut. Berkat kabel laut, internet bisa berjalan dengan lancar. Berkat kabel laut juga, benua-benua, negara-negara, dan orang-orang di dunia dapat saling berhubungan.

Serat Optik

Kabel laut memang benar-benar kabel. Kabel itu berisi serat optik. Serat optik mengirimkan data dalam bentuk sinyal cahaya.

Seperti Rambut

Tebal serat optik kira-kira seperti helaian rambut. Meski tipis, serat optik itu canggih banget, lo. Serat optik dapat mengirimkan data dalam jumlah super besar, super cepat, dan dalam jarak super jauh. 

Panjaaang!

Panjang kabel laut sama enggak dengan panjang kabel komputer di rumah? Kabel laut, kan, menghubungkan benua-benua dan negara-negara. Jadi, panjangnya mencapai puluhan, ratusan, hingga ribuan kilometer! Bahkan, jika seluruh kabel laut di dunia digabungkan, maka panjangnya mencapai ratusan ribu kilometer!

Kapal Kabel

Bagaimana caranya membawa kabel laut yang super panjang ke lautan? Caranya, memakai kapal kabel, yaitu kapal besar yang khusus dipakai untuk membawa kabel laut. Kapal itu membawa kabel laut ke tempat-tempat yang telah ditentukan di lautan. Setelah itu, kapal kabel menyambungkan kabel laut ke stasiun-stasiun pendaratan kabel laut di darat.

Di Dasar Laut