Gajah, Mamalia Hebat

By willa widiana, Selasa, 21 November 2017 | 03:30 WIB
Gajah Asia (willa widiana)

Gajah merupakan mamalia terbesar di darat. Setiap anggota tubuhnya memiliki kelebihan. Di alam liar, tidak ada hewan yang memangsa gajah. Hal yang paling berbahaya bagi gajah adalah manusia.

Belalai Serbaguna

Belalai gajah memang tidak memiliki tulang, tetapi ada 40.000 otot di dalamnya. Bagaimana dengan manusia? Manusia hanya memiliki 639 otot di tubuhnya. Jika dibandingkan, jumlah otot pada satu  belalai gajah sama dengan jumlah otot pada 62 manusia.

Berkat otot itulah gajah bisa mengangkat benda seberat 350 kg dengan belalainya. Selain itu, belalai gajah juga bisa digunakan untuk memilah benda, menyedot air, menghirup udara, hingga membunyikan suara sebagai peringatan.

Belalai gajah akan memanjang beberapa hari setelah lahir. Pada awalnya, para anak gajah akan kesulitan menggunakan belalainya. Bahkan, beberapa di antara mereka ada yang tak sengaja menginjak belalainya sendiri.

Anatomi yang Berbeda

Meski sama-sama memiliki belalai, gajah afrika dan gajah asia memiliki beberapa perbedaan anatomi.

Gajah asia jantan memiliki gading, sedangkan gajah betinanya tidak memiliki gading. Kalau gajah afrika (jantan dan betina) sama-sama memiliki gading.

Gajah asia memiliki empat jari di kaki belakang dan lima jari di kaki depan. Gajah afrika memiliki tiga jari di kaki belakang dan empat jari di kaki depan.

Gajah asia juga memiliki tubuh dan telinga yang lebih kecil dibandingkan dengan saudaranya gajah afrika.

Gading Dominan

Kita memiliki dua tangan, tetapi hanya salah satu tangan yang sering kita gunakan. Hal itu juga berlaku bagi gajah dalam menggunakan gadingnya. Meski memiliki dua gading, gajah lebih sering menggunakan salah satu gadingnya.