10 Fakta Tyrannosaurus Rex

By Lita Maha, Sabtu, 12 Agustus 2017 | 07:05 WIB
Tyrannosaurus rex, Si Raja Kadal. (foto : Chase Elliot Clark/creativecommons.org) (Lita Maha)

Ayo, kita gali 10 fakta dinosaurus yang paling terkenal, Tyrannosaurus rex!

Zaman Cretaceous

Tyrannosaurus rex atau T.rex hidup sekitar 67-65 juta tahun yang lalu pada zaman Cretaceous. Dinosaurus ini tinggal di Pulau Laramidia yang sekarang kita sebut Amerika Utara.  

Si Raja Kadal

Mau tahu arti namanya? Dalam bahasa Yunani, “tyranno” artinya “tiran” atau “kejam”. Kata “saurus” artinya “kadal”. Kata “rex” artinya “raja”. Jadi, arti dari seluruh namanya adalah raja kadal yang kejam!   

Siapa Pemberi Namanya?

Siapa yang memberikan nama Tyrannosaurus rex? Bapak Henry Fairfield Osborn yang memberi namanya pada tahun 1905. Waktu itu, beliau adalah presiden American Museum of Natural History, museum tempat fosil T.rex disimpan.  

Penemu Pertama  

Fosil T. rex pertama kali ditemukan oleh Bapak Barnum Brown pada tahun 1902. Pak Barnum adalah seorang ahli paleontologi. Ia menemukan fosil T. rex di Hell Creek Formation, sebuah kawasan di Montana, Amerika Serikat

Super Besar

Tyrannosaurus rex adalah salah satu dinosaurus terbesar. Panjang tubuhnya 12 meter. Tingginya antara 4-6 meter. Beratnya antara 5.000-7.000 ton. Itu kira-kira seberat gajah Afrika. Oiya, panjang seluruh tengkoraknya 1,5 meter.  

Cepatkah T.rex?