Inilah 5 Fakta Tentang Jajanan

By willa widiana, Sabtu, 16 September 2017 | 05:39 WIB
Selalu perhatikan jajanan yang kamu konsumsi. (willa widiana)

Ternyata, ada beberapa fakta tentang jajanan yang harus kita ketahui. Hmm… kira-kira ada fakta apa saja, ya? Kita cari tahu, yuk!

1. Jenis Jajanan

Dari banyaknya makanan yang dijual, 54% nya berupa makanan ringan, 20% nya makanan utama, dan 26% nya minuman.

2. Tempat Jajan

Sebanyak 69% siswa jajan di kantin sekolahnya, 28% siswa jajan di penjaja makanan yang ada di sekitar sekolah, dan 3% siswa jajan dari yang lainnya atau membawa makanan dari rumah.

3. Apa Manfaat Jajanan?

Sekilas, jajanan/camilan/kudapan terlihat tidak bermanfaat. Padahal, jajanan di sela waktu makan membantu mencukupi kebutuhan energi sebanyak 24%, protein 19 %, lemak 29%, karbohidrat 25%, dan kebutuhan mineral lainnya.

4. Tetap Waspadai Jajanan

Meski jajanan bermanfaat dalam pemenuhan energi, protein, lemak, karbohidrat, dan mineral, kita harus tetap waspada, ya!

Menurut FAO, jajanan yang dijual oleh pedagang kaki lima di jalanan atau di tempat umum lainnya disebut sebagai makanan tanpa pengolahan yang benar dan tidak sesuai dengan standar nutrisi anak.

Selain itu, menurut penelitian BPOM, 44% jajanan anak yang dipasarkan itu tidak sehat dan banyak mengandung zat adiktif (zat yang bisa menimbulkan kecanduan atau ketagihan pada makanan tersebut).

5. Zat Berbahaya dalam Jajanan