Phobia Terhadap Makanan

By willa widiana, Minggu, 29 Oktober 2017 | 11:35 WIB
Phobia itu banyak macamnya, salah satunya adalah Cibophobia, rasa takut terhadap makanan. (willa widiana)

Phobia adalah rasa takut yang cukup berlebihan terhadap suatu benda atau suatu hal. Phobia bisa muncul, karena trauma di masa lalu. Phobia itu banyak macamnya, salah satunya adalah Cibophobia, rasa takut terhadap makanan.

Cibophobia

Orang yang memiliki Cibophobia biasanya tidak menyukai bentuk, bau, hingga rasa dari makanan. Saking takutnya, mereka bisa gemetar, keluar keringat dingin, bahkan berlari untuk menjauhi makanan yang ia lihat.

Hal ini pernah dialami seorang anak laki-laki berusia tujuh tahun, di London, Inggris. Karena rasa takutnya itu, ia tidak mau mengonsumsi apa pun kecuali roti yang diberi selai stroberi. Wah... tak terbayang kalau kita harus mengonsumsi roti dengan selai selama bertahun-tahun.

Jenisnya

Phobia terhadap makanan itu bisa dibagi menjadi beberapa jenis.

Alektrophobia, rasa takut terhadap ayam dan segala sesuatu yang berhubungan dengan ayam, seperti telur, bulu ayam, hingga bangkai ayam. Bahkan kalimat yang mengandung kata “ayam” pun bisa membuat orang yang memiliki alektrophobia ketakutan, lo.

Carnophobia, rasa takut terhadap daging. Orang yang memiliki carnophobia biasanya akan menghindari makanan berbahan daging.

Ichtyphobia, rasa takut terhadap ikan. Orang dengan ichtyphobia biasanya tidak bisa mengonsumsi ikan, meski sudah dimasak.

Ocstraconophpbia, rasa takut terhadap kerang. Orang yang tidak makan kerang atau menghindari kerang biasanya ada dua, yakni mereka memiliki alergi atau mereka takut terhadap kerang.

Mycophobia, rasa takut terhadap jamur.

Lachanophobia, rasa takut terhadap sayuran.