Fakta Seputar Jepang

By willa widiana, Sabtu, 12 Agustus 2017 | 07:50 WIB
Bunga Sakura (willa widiana)

Jepang adalah salah satu negara maju yang berada di Asia Timur. Ada banyak fakta mengagumkan yang ada di negara ini. Fakta apa sajakah itu? Yuk, kita cari tahu fakta itu satu per satu.

Banyak Julukan

Ternyata, Jepang punya banyak julukan, mulai dari:

Negara Matahari Terbit. Secara turun-temurun, masyarakat Jepang menganut agama Shinto. Menurut mereka, Kaisar Jepang (kepala negara) adalah keturunan Dewa Matahari atau Dewa Anateratsu Omikami yang turun ke bumi.

Negeri Sakura. Bunga sakura yang indah banyak tumbuh di Jepang. Jadi, tak heran kalau Jepang dijuluki sebagai negeri sakura.

Negara Anime. Coba kamu perhatikan film-film animasi yang kalian punya, kebanyakan film itu pasti buatan Jepang. Nah, hal itulah yang membuat Jepang dijuluki negara anime.

Banyak Pulau

Ternyata, negara yang memiliki banyak pulau bukan hanya Indonesia saja, lo. Jepang juga punya banyak pulau.

Jepang memiliki 3.410 pulau besar dan kecil, seperti Pulau Honshu, Pulau Hokkaido, Pulau Kyushu, Pulau Shikoku, Pulau Okinawa, dan Kepulauan Ryukyu. Jika digabungkan, wilayah Jepang bisa mencapai 377.837 km persegi, lo.

Rawan Bencana

Jepang termasuk negara yang rawan bencana, terutama gempa bumi. Kenapa? Karena Jepang terletak pada pertemuan dua lempeng litosfer (kerak bumi), yaitu lempeng Samudera Pasifik dan Benua Asia.

Menurut pencatatan Badan Meteorologi dan Geeofisika Jepang, dalam satu bulan bisa terjadi getaran gempa lemah lebih dari seratus kali. Selain itu, Jepang juga memiliki 50 buah gunung berapi yang ada dalam periode istirahat dan mati.