Jalan-jalan ke Fushimi Inari

By Putri Puspita, Selasa, 14 Maret 2017 | 06:58 WIB
Fushimi Inari Shrine (Putri Puspita)

Fushimi Inari Taisha sepertinya sudah menjadi destinasi wajib yang harus dikunjungi di Kyoto, Jepang.  Tempat yang dikenal dengan nama ‘Inari’ ini sering muncul di dalam buku, drama, dan adegan film di Jepang.

Kuil Utama

Fushimi Inari Taisha merupakan kuil pusat (souhonsha) dari 30.000 Inari Taisha yang tersebar di seluruh Jepang. Keseluruhan kuil utama di Inari-yama merupakan objek tempat suci.

Inari Taisha adalah istilah umum penyebutan kuil untuk berdoa kepada dewa Inari (Dewa Padi). Ciri-cirinya ditandai dengan akai torii (torii merah) dan komagitsune (patung rubah putih).

Berjalan maju dari pintu masuk menuju ke tengah, kemudian sedikit berjalan maka akan menemukan kuil utama (honden). Sebuah kuil utama yang ditunjuk sebagai aset budaya penting negara Jepang ini jika dilihat secara dekat maka akan terasa suasana yang sangat khusyuk. Di sini juga menjadi tempat untuk bersembahyang (kitou).

Di sini juga terdapat prasasti-prasasti bersejarah yang bisa dilihat. Terdapat juga patung komakitsune (patung rubah penjaga) menggantikan patung komainu (patung anjing penjaga) yang biasa ada di setiap kuil.

Senbon Torii

Sejauh kaki melangkah akan ada torii sepanjang jalan. Pengunjung seperti terjebak dan tersesat dalam halusinasi di dunia lain berwarnya oranye. Satu per satu torii berubah teksturnya menjadi warna yang lebih pudar. 

Selain torii lama yang bersejarah, ada juga torii yang belum lama dipasang, sehingga menjadi sebuah hal menarik saat membandingkan perbedaannya. Ribuan Torii inilah yang merupakan tujuan wisata utama para turis untuk berfoto.

Di sisi lain, tenaga yang cukup merupakan hal yang penting dan dibutuhkan untuk menelusurinya hingga sampai ke puncak. Cukup jauh dengan jalanan menanjak dan berlika-liku. Namun, terdapat persimpangan jika ingin berhenti di tengah jalan dan kembali ke gerbang utama. Tidak perlu takut tersesat karena penunjuk arah di tempat ini lengkap dan mudah dipahama wisatawan.

Populer

Kepopuleran Fushimi Inari Taisha di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Jepang membuat tempat ini  favorit ketika ke Kyoto. Berdasarkan polling dari wisatawan yang berkunjung ke Jepang yang dirangkum pada tahun 2014 – 2015, Fushimi Inari Taisha menempati posisi pertama dalam peringkat ‘Tempat Wisata Terpopuler di Jepang untuk Orang Asing’ di situs Tripadvisor. Orang-orang asing membayangkan Fushimi Inari Taisha adalah wujud dari negara Jepang..