5 Kebiasaan Orang Jepang yang Bisa Ditiru

By willa widiana, Senin, 11 Desember 2017 | 11:05 WIB
Masyarakat jepang punya beberapa kebiasaan bagus yang bisa kita tiru, lo. (willa widiana)

Masyarakat Jepang punya beberapa kebiasaan bagus yang bisa kita tiru, lo. Kebiasaan apa sajakah itu?

1. Kebiasaan Menyeberang

Di Jepang, orang hanya akan menyeberang jalan saat lampu penyeberangan berwarna hijau. Jika lampunya belum berubah menjadi hijau, mereka tidak akan menyeberang, meski jalanan kosong.

Bandingkan dengan Indonesia. Meski sudah ada jembatan penyeberangan dan lampu penyeberangan, tetap saja ada orang yang menyeberang sembarangan. Padahal, hal itu bisa membahayakan keselamatan orang tersebut.

2. Kebiasaan Menggunakan Eskalator

Orang Jepang biasanya akan berdiri di salah satu sisi eskalator. Dengan begitu, orang yang sedang buru-buru bisa menggunakan sisi lain eskalator tanpa terganggu.

O ya, sisi yang digunakan berbeda di setiap kota. Misalnya, di Kota Tokyo dan Kyoto, sisi kanan-lah yang akan dikosongkan. Sedangkan di Kota Osaka, sisi yang dikosongkan adalah sisi sebelah kiri.

3. Kebiasaan Mengantre

Kebiasaan ini sepertinya yang harus diikuti pertama kali. Ya, warga Jepang akan mengantre ketika melakukan sesuatu di tempat umum. Misalnya, membeli tiket, menaiki kereta, bahkan untuk masuk ke toilet umum pun mereka akan mengantre.

4. Kebiasaan Mengucapkan kata Sumimasen

Kata sumimasen biasanya diucapkan dalam keseharian orang Jepang. Kata tersebut biasanya digunakan ketika mereka berterima kasih, meminta maaf, dan mengucapkan permisi.

5. Kebiasaan Buang Sampah