Rumah Krong Bade Aceh

By Yomi Hanna, Kamis, 16 Maret 2017 | 07:44 WIB
Rumah Adat Aceh Krong Bade. (Foto: kliping.co) (Hanna Vivaldi)

Rumah krong bade adalah rumah adat yang terletak di Nanggroe Aceh Darussalam. Rumah ini juga sering disebut sebagai rumoh Aceh.

Ciri-ciri Rumah Krong Bade

Rumah adat Aceh berbentuk persegi panjang dan memanjang dari timur ke barat. Rumah ini memiliki tangga di depan rumah yang berfungsi untuk masuk kedalam rumah. Tinggi tangga tersebut sekitar 2,5 - 3 m dari permukaan tanah. Pada umumnya, anak tangga rumah krong bade berjumlah ganjil sekitar 7-9 anak tangga. 

Penggunaan bahan dasar bangunan rumah krong bade diambil langsung dari alam. Ini menandakan bahwa bahwa masyarakat Aceh mempunyai kehidupan yang dekat dengan alam. Bahkan mereka juga  tidak menggunakan paku dalam membangun rumah ini. Mereka menggunakan tali untuk mengikat dan menyatukan bahan bangunan yang satu dengan yang lain.

Dinding rumahnya terbuat dari kayu enau yang dihiasi dengan lukisan dan atapnya terbuat dari daun  rumbia. Ukiran yang ada di dinding rumah krong bade bervariasi, tergantung dari kondisi ekonomi pemilik rumah. Semakin banyak jumlah ukiran di dinding rumah, maka semakin sejahtera tingkat ekonomi masyarakatnya.

Rumah Krong Bade Saat Ini

Rumah krong bade merupakan kebudayaan Aceh yang hampir punah dan sudah jarang dipakai. Karena pada masa kini masyarakat Aceh lebih memilih tinggal di rumah modern. Ini karena harga untuk membangun rumah modern lebih murah dibandingkan dengan rumah krong bade. Selain itu, perawatan rumah adat ini juga membutuhkan biaya yang besar.

Pembagian ruangan dalam rumah krong bade terdiri dari 4 bagian yang memiliki fungsinya masing-masing. Bagian tersebut adalah ruang bawah, ruang depan, ruang tengah, dan ruang belakang.

Ruang Bawah

Bagian bawah rumah ini digunakan sebagai gudang penyimpanan. Barang-barang yang disimpan seperti padi atau hasil panen lainnya serta tempat penyimpanan alat penumbuk padi. Selain itu, ruang bawah juga digunakan sebagai pusat aktivitas kaum perempuan untuk membuat kain khas Aceh. Proses penjualannya pun dilakukan di ruang bawah ini. Ruang ini juga berfungsi untuk mencegah masuknya binatang buas serta menghindari kebanjiran.

Ruang Depan

Ruang depan tidak memiliki kamar. Hanya sebuah tempat bagi anggota keluarga untuk bersantai, beristirahat, dan sebagai tempat anak-anak belajar. Di ruang depan ini juga digunakan untuk menerima tamu yang datang.

Ruang Tengah